Kandungan di Dalam Odol


source: http://coastaldentalarts.com

Sebagai produk pembersih, odol tentunya mengandung berbagai bahan kimia. Nah, berikut ini adalah bahan kimia yang bisa kamu temukan pada odol:

  • Fluoride adalah bahan aktif yang hampir ada di semua odol. Bahan ini akan membuat gigi menjadi lebih kuat serta mencegah kerusakannya.
  • Tetrasodium Pirofosta adalah bahan yang dapat mencegah terbentuknya plak gigi.
  • Sodium Karbonat adalah senyawa yang dapat menyebabkan abrasi ringan, membuat gigi putih, mengurangi bau mulut dan mencegah noda pada gigi.
  • Natrium Benzoat adalah bahan paling penting karena mencegah pembentukan organism yang menyebabkan penyakit pada mulut. Bahan ini sangat aktif dan tidak akan rusak walaupun odol disimpan dalam jangka waktu yang lama.


​​​​​​​Efek Odol Untuk Kulit


Memang tidak semua bahan kimia buruk untuk kulit. Namun, bahan kimia yang terkandung dalam odol memang tidak semestinya ditujukan untuk mengobati jerawat. Kalau kamu masih nekat memakai odol untuk jerawat, bisa-bisa hal buruk ini terjadi pada kulitmu.


Membuat Kulit Menjadi Kering

source: http://www.obattradisional.jellygamatqncmurah.com

Kulit kering dan kusam tidak hanya disebabkan akibat paparan sinar matahari saja. Salah satunya karena penggunaan obat jerawat yang tidak tepat. Dalam sebuah pasta gigi terdapat senyawa triclosan. Zat ini berfungsi sebagai pembunuh bakteri dan biasanya terdapat dalam berbagai jenis sabun dan detergen.

Zat yang ada di dalam detergen pasti akan merusak jaringan kulitmu. Selain itu ada juga senyawa diuretik dimana senyawa ini akan membuat kulit menjadi kering dan terlihat pucat. Kulit kering yang dibiarkan akan mempercepat proses penuaan dini. Terlebih jika kulitmu sensitif, pasti akan terasa sakit pada area sekitar jerawat.

baca juga


Menciptakan Radang Baru

source: https://journal.sociolla.com
Untuk kesegaran, ada beberapa odol yang mengandung bahan peppermint. Walaupun peppermint terasa segar dan menciptakan sensasi baru di mulut, ternyata bahan ini sangat tidak dianjurkan untuk mengatasi jerawat.

Bahan yang sifatnya agak panas ini dapat menciptakan peradangan baru pada daerah jerawat dan sekitarnya. Peradangan ini tentu akan menimbulkan permasalahan baru pada kulit di sekitar jerawat ya, Ladies.


Alergi pada Kulit

source: https://journal.sociolla.com
Kulit adalah bagian tubuh yang paling sensitif dan memberikan respon cepat ketika bersentuhan dengan benda asing. Salah satunya ditandai dengan adanya alergi pada kulit. Jika kamu menggunakan odol untuk jerawat, salah satu dampaknya adalah alergi yang terjadi pada kulit. 

Alergi ini disebabkan oleh berbagai senyawa saat kulit terkena dengan odol. Tak jarang, alergi tersebut justru dapat menyebabkan jerawat muncul lebih banyak. Dampaknya adalah kulit menjadi gatal dan timbul bercak-bercak.
baca juga


Memperparah Jerawat

source: http://www.caramedika.com
Walaupun jerawat bukan jenis penyakit yang berat, namun jika tidak diobati dengan tepat tentu akan memperparah kondisi jerawat tersebut. Odol yang mengandung berbagai macam senyawa, akan membuat kondisi jerawat semakin membesar dan bengkak.

Beberapa kandungan seperti alcohol, hydrogen, mentol dan lainnya akan memicu jerawat semakin besar dan gatal. Kondisi seperti ini umumnya terjadi pada kulit yang sensitif terhadap bahan-bahan kimia. Odol untuk jerawat memang bukan obat yang tepat ya, Ladies.


Mengobati Jerawat dengan Bahan yang Lebih Aman


Odol tidak diciptakan untuk mengobati jerawat. Lebih baik menggunakan bahan alami yang lebih aman agar kulitmu tidak terluka. Inilah beberapa bahan alami yang dapat kamu gunakan.

 

source: http://minyakarganmadre.com

Madu
Ambil beberapa tetes madu dan celupkan pada kapas. Oleskan pada bagian yang berjerawat dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air dingin

Es Batu
Bungkus es batu dengan kain dan tekan pada wajah yang berjerawat. Diamkan beberapa detik dan ulangi lagi hingga mengempis.

Bawang Putih
Hancurkan bawang putih dan tambahkan sedikit air. Aduk hingga rata dan oleskan pada jerawat. Diamkan beberapa saat dan bilas dengan air bersih.

Lidah Buaya
Ambil gel lidah buaya dan hancurkan. Oleskan pada jerawat dan diamkan 10 menit. Bilas dengan air bersih.



Setelah kamu tahu bahwa odol bukan untuk obat jerawat yang tepat, sebaiknya hindari penggunaannya ya agar tidak menimbulkan permasalahan baru.