Apa yang HRD Cari?


source: http://www.globaljetconcept.com

Pada tahap awal penerimaan calon karyawan, HRD tentunya akan melihat secara detail riwayat diri (profile) serta kapabilitas kamu dalam berbicara. Bila kamu melamar sebagai sales/marketing, maka HRD akan mencari pelamar yang memiliki bakat berbicara atau seducing skill yang di atas rata-rata. Jika kamu terbata-bata atau terkesan ragu dalam mempromosikan diri kamu kepada HRD, maka nilai merah akan langsung masuk ke dalam laci perusahaan. Singkat cerita, gugur.

Nah! Ada dua tipe HRD pada perusahaan yang harus kamu tahu nih.

  • HRD senior (tua) biasanya akan melihat dari cara kamu memberikan first imperssion dan melihat experience dari seberapa tinggi tingkat pendidikan kamu.
  • HRD muda biasanya akan lebih santai dalam memberikan pertanyaan. Biasanya, HRD tipe ini akan lebih tertarik kepada pengalaman bekerja kamu. So, jika kamu memiliki banyak pengalaman pada masa pendidikan/kuliah, jangan sampai lupa untuk cantumkan di CV kamu ya.

Hal yang Dilihat Oleh HRD
source: http://resourcemagonline.com

Dalam melakukan interview, tentunya kamu wajib memberikan gratitude yang baik terhadap lawan bicara. Etika dalam berprofesi merupakan kunci dalam suatu bidang pekerjaan. Meskipun kamu mantan mahasiswa cumlaude atau berprestasi sekali pun tapi kalau tidak memilik etika profesi, maka perusahaan akan sangat mudah untuk melengserkan lamaran kamu. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu lakukan dan juga yang harus kamu hindari ketika interview kerja.

Hal yang Harus Dilakukan Ketika Interview Kerja

  1. First impression yang baik (Outfit yang teppat, etika memperkenalkan diri).
  2. Gaya berbicara kamu dalam meyakinkan HRD tentang diri kamu (Mempromosikan diri).
  3. Pengalaman bekerja yang kamu tulis di CV sesuai dengan kapabilitas yang kamu miliki.
  4. Cermat dalam memberikan jawaban atau solusi ketika diberikan suatu objek masalah.
  5. Memiliki kepribadian yang dapat membaur dalam tim kerja dan dapat memberikan solusi tanpa menimbulkan masalah lain.

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Interview Kerja
  1. Berbohong atau memalsukan data pengalaman pribadi (Experience).
  2. Cengengesan ketika berbicara karena dapat dianggap tidak serius dalam menjalankan interview.
  3. Menggunakan verbal yang kurang sopan pada saat berbicara.
  4. Tidak semangat atau antusias dalam melakukan interview.
  5. Meremehkan pekerjaan perusahaan karena menawarkan gaji yang tidak sesuai dengan ekspetasi kamu.
baca juga


The Keys


source: http://www.startribune.com

Kunci untuk lolos atau mendapatkan karir yang baik setelah graduate sebenernya cukup simpel kok. Cukup tunjukkan kemauan kamu dalam mencari pekerjaan dan serius terhadap apa yang kamu miliki sekarang tanpa bersikap arogan.

Kegagalan dalam melamar bukan berati kamu tidak memiliki kemampuan yang cukup pada perusahaan tersebut. So,tetap semangat untuk mencari karir dan jangan lupa untuk memberikan profesionalitas yang baik terhadap suatu lembaga.