Foto flat lay yang cantik bisa menjadi penyegar feed Instagram-mu yang monoton dengan foto selfie atau wefie. Fotonya yang hanya befokus pada objek yang tertata dengan rapi juga dapat menambah nilai estetika pada feed Instagram-mu lho. Mulai dari makeup, makanan, fashion item, hingga barang-barang koleksimu, kamu bisa meng-capture-nya dengan flat lay. Apalagi kalau kamu memiliki makeup atau fashion item yang baru saja kamu beli dan kamu ingin show off tapi tidak ingin memperlihatkan dirimu, flat lay juga bisa menjadi alternatif terbaik. Untuk membuat foto flat lay-mu terlihat lebih cantik dan tampak profesional, ini dia trik yang bisa kamu coba sendiri ketika mengambil foto flat lay!


Lighting yang Bagus
source: https://id.pinterest.com/

First things first, pastikan jika kamu mendapatkan lighting yang bagus untuk foto. Seperti yang kamu tahu, lighting yang bagus dapat menghasilkan gambar yang lebih terang dan jelas. Sebaiknya, hindari lighting dari sinar matahari langsung karena pencahayaannya akan terlihat terlalu silau, atau lokasi yang terdapat bayangan. Lighting yang soft dan terang seperti cahaya matahari di samping jendela akan terlihat lebih flattery. Jadi, jangan ragu untuk menarik meja di samping jendela dan mulai photoshoot di sana. 
 

Gunakan Property dengan Size yang Berbeda
source: https://www.instagram.com/alwaysjudging/

A thing to be noted, pemilihan properti foto yang kecil akan membuat flat lay terlihat lebih detail. Tapi, jika kamu memang ingin menambahkan objek dengan size yang besar, pastikan bahwa jumlahnya tidak lebih dari dua barang. 
 
<baca juga>

Atur Proporsi Objek
source: http://stylecaster.com/

Flat lay is about proportion. Karena itu untuk mendapatkan hasil flat lay yang bagus, kamu harus bisa menyeimbangkan proporsi item yang akan menjadi objek flat lay-mu. Kamu harus bisa mengatur penempatannya agar proporsi barang yang besar dan kecil terlihat balance.
 

Pilih Clean Background
source: https://id.pinterest.com/

Gunakan background yang polos dan soft seperti warna putih atau pastel untuk menciptakan kesan clean pada fotomu. Pemilihan warna background yang clean ini dapat membuat warna objekmu terlihat lebih pop up dan menonjol di foto. Lalu, jika kamu menggunakan clean background, jangan lupa juga untuk mencari objek dengan warna yang terang seperti bunga atau nail polish agar warna flat lay-mu terlihat lebih hidup.
 
<baca juga>


Jangan Takut Gunakan Tangga atau Bangku untuk Mengambil Foto


source: https://id.pinterest.com/

Jika kamu ingin mengambil foto flat lay dengan objek yang besar atau item yang banyak, jangan takut untuk menggunakan tangga atau bangku untuk mengambil fotonya. Step stools ini bisa memastikan semua objek tertangkap lensa kameramu dan tidak ada yang terpotong. So, don’t be afraid to go higher to capture a perfect flat lay


Gunakan Peralatan Foto yang Memadai

Terakhir, peralatan foto yang kamu gunakan juga sangat memengaruhi hasil foto flat lay yang kamu ambil lho. That’s why, selalu gunakan kamera high quality yang dapat menghasilkan foto HD. Kamu bisa berinvestasi pada kamera mirrorless seperti Panasonic Lumix GF9 yang dilengkapi dengan teknologi 4K Resolution yang dapat menghasilkan gambar dan warna yang lebih tajam. Plus, kamera ini juga memiliki fitur Post Focus yang dapat digunakan pengguna untuk mengatur fokus foto setelah gambar diambil lho. Kemudian, ada juga fitur Focus Stacking yang dapat mengontrol ketajaman gambar setelah foto diambil. Jadi, kalau ada objek foto flat lay yang terlihat blur, kamu bisa menajamkannya dengan Focus Stacking. Bagaimana Beautynesian? Kamera ini terlihat sangat tempting bukan? Apalagi, kamera ini juga hadir dengan desain yang compact dengan berbagai pilihan warna yang catchy seperti warna pink, oranye, dan hitam. Don’t you just want to own one?