Seiring dengan berkembangnya sosial media dan industri kecantikan, tren beauty vlogger juga semakin diminati. Kamu bisa melihat sekarang ada banyak beauty guru di YouTube, serta kemunculan para beauty vlogger pendatang baru yang baru saja memulai vlogging. Apakah kamu salah satunya yang tertarik dengan dunia beauty vlogging dan ingin memulai kariermu di sini? Kalau iya, kamu perlu mengetahui tips filming berikut ini agar kamu bisa menghasilkan beauty vlog dengan kualitas yang bagus.


Memiliki Peralatan Shooting yang Memadai
Bagi para viewers, tentunya tidak ada yang lebih menyebalkan daripada melihat vlog yang blur dengan suara yang kurang jelas. Karena itu, jika kamu memang ingin serius menekuni dunia beauty vlogging, kamu perlu berinvestasi pada peralatan shooting yang bagus agar video-video di channel YouTube-mu terlihat lebih profesional. After all, beauty is about looks, jadi kalau videomu terlihat amatir, pastinya para viewer juga tidak tertarik untuk melihat videomu.
 

Kamu bisa mulai berinvestasi pada kamera yang high quality, kalau perlu kamera yang memiliki 4K resolution. Nah, misalnya saja kamera Panasonic Lumix GF9 berikut ini yang dilengkapi dengan teknologi 4K Video yang dapat menghasilkan rekaman video vlog HD yang lebih nyata dengan pilihan video recording 4K/30p (30fps) dab video recording FH6/60 (60fps), sehingga warna kosmetik yang kamu gunakan dalam video terlihat lebih real dan pop up. Selain itu, kamera ini juga memiliki 180 degree tilt LCD lho yang dapat dilipat ke atas, sehingga akan memudahkanmu ketika proses filming.  

Tidak hanya bagus untuk mengambil video, Panasonic Lumix GF9 juga dapat menghasilkan kualitas foto HD dengan teknologi 4K Photo. Karena itu, kamera ini sangat cocok untuk kamu para beauty enthusiast. Plus, warna kameranya yang menarik seperti pink, oranye, dan hitam akan terlihat sangat cute untuk wanita.
 

Gunakan Background yang Bagus untuk Video
source: https://www.youtube.com/watch?v=g4u2hy1BuQQ

Yes, background video juga merupakan elemen penting yang dapat menarik para viewer. Agar videomu terlihat lebih profesional, kamu bisa membuat mini studio sendiri di rumahmu dengan backdrop di belakangmu, atau kamu bisa menggunakan tembok kamarmu sebagai background videomu. Tapi, kamu juga perlu make sure untuk selalu konsisten ketika memilih background ya untuk tujuan branding dan membangun karakter channel YouTube-mu. Sebaiknya gunakan background yang simple dan minimalis agar perhatian para viewer lebih terfokus pada wajahmu dan beauty product yang kamu gunakan di dalam video. 
 
<baca juga>

Mendekatkan Diri dengan Viewers
source: https://www.youtube.com/watch?v=_8tTbJPG7b0

Membangun komunikasi dengan viewer itu sangat penting kalau kamu ingin dikenal sebagai beauty vlogger yang ramah dan komunikatif. Hal ini juga bisa menjadi strategi yang baik untuk mendapatkan loyal viewer lho, sehingga otomatis subscriber-mu juga akan bertambah. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendekatkan diri dengan para viewer, seperti membalas komentar di video YouTube-mu, atau menanyakan pendapat mereka tentang produk apa yang harus di-review selanjutnya. Hal-hal simple ini ternyata bisa menjadi cara brilliant untuk membangun trust dan berkomunikasi dengan para penonton setia vlog milikmu. Seperti misalnya beauty vlogger Michelle Phan membuat sesi khusus Pillow Talk di mana ia menjawab pertanyaan-pertanyaan dari subscriber-nya.
 

Buat Subtitle Video
source: https://www.youtube.com/watch?v=_8tTbJPG7b0

Jika kamu ingin memperluas jangkauan viewer-mu, mungkin kamu harus mempertimbangkan membuat subtitle untuk vlog-mu. Subtitle ini bisa sangat berguna untuk menambah penggemar channel YouTube-mu yang berasal dari luar negeri. Selain itu, subtitle juga bisa digunakan untuk viewer yang tidak dapat mendengar video-mu dengan jelas. It’s definitely worth to give them a try!
 
<baca juga>

Manfaatkan Sosial Media Lainnya
source: https://www.instagram.com/sasyachi/


Untuk menambah popularitas channel YouTube dan vlog-mu, tidak ada salahnya untuk mempromosikannya di channel sosial media milikmu lainnya, seperti Instagram, Facebook, dan Instagram. You know, saat ini ada banyak hal menjadi viral hanya karena tersebar di sosial media, jadi kamu bisa mencoba untuk share video barumu dan mempromosikannya di sosial media. Jangan lupa juga untuk memanfaatkan hashtag yang populer ya untuk menambah kesempatan postingan-mu dilihat orang banyak.