Wadah Kohl Mesir Kuno


Kalau kamu akrab dengan riasan jaman Mesir Kuno, mungkin kamu sudah mengenali obsesi bangsa Mesir Kuno pada riasan mataPada masa itu, mereka tak punya pensil eyeliner ataupun kuas rias. Sebagai gantinya, mereka menyimpan kohl dalam tabung mirip kemasan lipstik, dengan aplikator berbentuk tongkat kecil. Buat kaum bangsawan, kemasan kohl pun jadi pertanda status sosial, seperti kemasan kohl milik Amenhotep III dan Putri Sitamun yang terbuat dari Egyptian faience.
 
source: https://www.metmuseum.org/



Yunani Kuno


Karena perempuan di masa Yunani Kuno terobsesi mendapatkan kulit putih tak bernoda, maka nggak heran kalau bedak jadi produk andalan pada jaman itu. Agar penyimpanan jadi lebih mudah, bedak disimpan dalam bentuk padat, dalam mangkuk-mangkuk tertutup yang terbuat dari keramik.
 
source: http://www.bible-history.com/
baca juga



Kemasan Kosmetik di Korea


Pada jaman kerajaan, para perempuan Korea banyak beralih pada bahan-bahan alami sebagai kosmetik, seperti beras, minyak biji aprikot, hingga lempung merah. Mereka selalu membuat kosmetik dalam jumlah kecil, menyesuaikan dengan kebutuhan. Maka dari itu, wadah kosmetik yang tersedia pun terbilang mungil. Semakin tinggi status sosial pemiliknya, maka semakin indah wadah kosmetik tersebut. Kosmetik disimpan dalam wadah mangkuk dan vial, lengkap dengan lumpang dan alu.
 
source: https://londonkoreanlinks.net/


Kemasan Kosmetik di Jepang
Tak banyak berbeda dengan di Korea, kosmetik di Jepang disimpan dalam beragam wadah keramik yang indah. Para perempuan Jepang juga memiliki semacam kuas guna mengaplikasikan bubuk beras yang memberi warna putih pada wajah. Pada jaman Meiji, mereka telah menggunakan kemasan jar untuk bedak dan tube untuk lipstik.
 
source: https://www.nippon.com/
baca juga



Foundation


Di akhir dekade 1930-an, industri makeup pun turut berkembang seiring dengan industri perfilman. Banyak inovasi produk kosmetik yang didorong oleh kebutuhan para aktris di belakang layar, salah satunya Pan-Cake buatan Max Factor. Berfungsi sebagai foundation yang tebal dan memiliki full-coverage, makeup berbahan dasar wax ini dikemas dalam wadah mirip compact powder.
 
source: http://mugeek.vidalondon.net/



Maskara


Jangan anggap remeh kemasan maskara yang kita temui sekarang, karena jaman dulu wadahnya jauh berbeda. Disebut cake mascara, maskara jaman dulu berbentuk padatan kering berwarna hitam, yang dibasahi dengan air sebelum dipulaskan ke bulu mata dengan bantuan sikat.
 
source: http://www.byrdie.com/



Lipstik


Penemuan besi dengan cepat mempengaruhi kemasan lipstik yang kita kenal sekarang. Seiring berjalannya waktu, lipstik dikemas dalam tube dari bahan logam biasa, dan bahkan logam mulia. Semakin indah dan rumit desain kemasan lipstik, besar kemungkinan bahwa pemiliknya berasal dari kalangan terpandang.
 
source: http://www.byrdie.com