Sejarah Kebaya Encim


Kebaya encim atau terkenal juga dengan kebanya Nyonya adalah kebaya tradisional berasal dari betawi. Kebaya sudah ada di Indonesia sejak tahun 1817, tetapi kebaya encim baru tercipta setelah masuknya budaya Tionghoa. Yup! Kebaya encim adalah perpaduan hasil budaya Indonesia dan Tionghoa. 

source: https://gpswisataindonesia.wordpress.com

Awalnya yang memakai kebaya encim adalah wanita-wanita yang dipersunting oleh pria Tionghoa. Tapi kebaya yang dikenakan para istri ini berbeda dengan kebaya yang dipakai wanita Indonesia sebelumnya, terutama pemilihan bahan yang lebih bagus. Perubahan model dan bahan kebaya ini lah yang menunjukkan dengan jelas adanya percampuran budaya. Seiring berjalannya waktu, kebaya encim juga berkembang dan memliki banyak variasi.

Pada dasarnya, kebaya encim memiliki ciri khas tersendiri yaitu model V neck dan juga bordiran dari kerah hingga ke bagian bawah. Berbagai bentuk bordiran ini lah salah satu yang membuat kebaya encim terlihat cantik. Kalau kamu tertarik menjadikan kebaya encim sebagai kebaya lamaran kamu, yuk simak inspirasi berikut ini!



Kebaya Encim Warna Putih


Warna putih biasanya menjadi warna favorit untuk kebaya, terutama kebaya pernikahan. Tapi kebaya encim warna putih dengan model sederhana seperti ini juga bisa lho kamu jadikan inspirasi sebagai kebaya lamaran.

source: https://id.pinterest.com/pin/636907572275037357/
baca juga

Kebaya dengan bordir bunga yang transparan ini cocok untuk kamu padukan dengan warna kain batik apapun untuk dijadikan bawahannya. 

source: https://id.pinterest.com/pin/636907572275037344/



Kebaya Encim Putih dengan Bordir Berwarna


Masih dengan kebaya encim warna putih, kali ini kamu bisa memilih bordir bunga dengan nuansa warna bunga coklat dan biru. Untuk pilihan kain batiknya, kamu bisa memilih warna coklat karena akan senada dengan warna bunga di bordirannya. Very pretty!

source: https://id.pinterest.com/pin/636907572275037356/
baca juga



Kebaya Encim dengan Warna Ceria


Selain warna putih, sebenarnya kebaya encim juga memiliki sangat banyak pilihan warna dan banyak yang merupakan warna-warna terang. Jika kamu ingin suasana yang lebih ceria, kamu bisa memilih kebaya-kebaya encim yang memiliki warna seperti berikut ini.

source: https://id.pinterest.com/pin/636907572275037351/

Kebaya encim warna peach dengan bordir bunga besar yang full color.
source: https://www.instagram.com/michelleharsono/

Kebaya encim warna kuning yang ceria dipadukan dengan kain batik warna ungu muda yang manis.
source: https://id.pinterest.com/pin/636907572275037343/


Kebaya encim berwarna oranye dipadukan dengan kain baik warna hijau yang menyejukkan.

Kira-kira kebaya encim mana yang jadi pilihanmu untuk proses lamaran?