Memicu Timbulnya Komedo

Kertas minyak yang bentuknya kecil dan ringan memang sekilas menjadi benda ajaib yang harus ada di dalam tasmu ketika pergi keluar rumah. Ternyata, pemakaian kertas minyak secara rutin justru dianggap dapat membuat penumpukan komedo di kulit wajah.

Produksi minyak yang menumpuk disertai bakteri yang menempel di kulit wajah menjadi kombinasi dari timbulnya komedo. Untuk mencegah datangnya komedo, biasakan untuk membersihkan wajah secara rutin usai mengenakan make-up, dibanding hanya memakai kertas minyak.
source: https://www.indiamart.com


 

Menambah Jumlah Minyak pada Wajah

Fakta membuktikan bahwa pemakaian kertas minyak justru akan menambah jumlah minyak pada wajah lho, ladies. Biasanya saat memakai kertas minyak, kamu tentu akan menekan atau mengusap wajah dengan tekanan yang sangat kuat agar minyaknya terserap sempurna. Sebenarnya ini adalah cara yang salah.

Dengan tekanan yang terlalu kuat pada kulit wajah, ternyata akan membuat bagian kulit ini terasa lebih panas, dan hal ini menggambarkan kondisi kering di permukaan wajah sehingga produksi minyaknya akan ditingkatkan. Hasilnya, kulit jadi lebih berminyak.

source: http://www.cantikitu.com



 

<baca juga>

Iritasi

Iritasi pada wajah tidak hanya terjadi karena menggunakan kosmetik yang tidak tepat atau mengaplikasikan kosmetik terlalu tebal. Iritasi yang akan menyebabkan wajah menjadi merah dan gatal ternyata bisa terjadi akibat penggunaan kertas minyak. Tak disangka ya, ladies.

Pemakaian kertas minyak yang terlalu sering juga dapat menimbulkan permasalahan pada kulit. Hal ini disebabkan karena ketika memakai kertas minyak, kamu akan menggosokan kertas minyak tersebut di area wajah, dan jika hal itu dilakukan terlalu sering justru akan membuat kulit menjadi kering, tipis dan mudah terkena iritasi.
 

source: https://www.her.ie


 

Menimbulkan Jerawat

Jerawat memang bukan jenis penyakit yang serius dan menular. Namun dengan tumbuhnya jerawat, tentu akan mengganggu penampilanmu. Make up yang kamu gunakan tentu tidak maksimal. Selain itu, kamu pasti akan minder ya, ladies. Jika kamu mempunyai jenis kulit berminyak dan sering menggunakan kertas minyak sebagai alat untuk menyerapnya, sebaiknya mulai sekarang kamu cukup menggunakan jika dalam keadaan terdesak saja.

Sebab, berdasarkan cara penggunaanya saja, ketika kertas minyak digunakan pada wajah, kamu tentu akan menekan-nekan kertas pada wajah. Hal ini akan menyebabkan kotoran yang ada pada wajah masuk ke dalam pori-pori, sehingga berpotensi menimbulkan jerawat.

source: http://www.klikdokter.com


 

<baca juga>

Tips Mengurangi Minyak Berlebih Tanpa Kertas Minyak

Kertas minyak bukanlah cara satu-satunya untuk menghilangkan minyak pada wajah. Agar wajah bebas dari kilap minyak, sebaiknya lakukan kebiasaan ini :

  • Pakaialah kosmetik free oil atau yang tidak mengandung minyak
  • Pola hidup sehat seperti olahraga secara rutin, hindari obat-obatan dan alkohol
  • Kelola stress dengan baik dengan cara menikmati hidup
  • Hindari makanan yang mengandung lemak tinggi, santan dan minyak
source: http://www.bintang.com


Setelah tahu dampak buruk penggunaan kertas minyak, sebaiknya kamu hindari pemakaian berlebih ya. Lebih baik dipakai jika dalam keadaan perlu saja.