Biasakan Tidur dan Bangun di Waktu yang Sama

Kebiasaan bisa diciptakan, termasuk jam tidur. Tentukan ritme waktu tidur kamu dan konsistenlah dengan waktu tersebut. Setelah beberapa waktu mengikuti pola tersebut, tubuh akan memiliki semacam waktu natural dan sangat membantu dalam mengelola tidur.
source: http://webkesehatan.com/tips-tidur-sehat/

Tidur Beberapa Jam Setelah Makan Malam

Jangan tidur ketika perut sedang kosong atau setelah makan! Makan malam sebaiknya dilakukan 2-3 jam sebelum waktu tidur. Pastikan kamu memilih makanan ringan yang mudah dicerna dan sehat untuk tubuh.
source: http://www.merdeka.com/sehat/8-tips-terbaik-untuk-membuat-tidur-lebih-sehat.html

Berendam di Air Hangat

Berendam (bukan mandi dengan shower) 90 menit sebelum tidur akan meningkatkan suhu tubuh. Selanjutnya suhu tubuh akan menurun dan kamu pun akan cepat terlelap.
source: http://www.pesona.co.id/sehat/kesehatan/agar.tidur.berkualitas.dan.menyehatkan/002/002/11

Hindari Alkohol, Kafein, dan Nikotin

Kopi, teh, coklat dan minuman soda dapat menstimulasi tubuh untuk tetap terjaga. Itu karena minuman atau makanan tersebut mengandung kafein. Sebaiknya jangan mengkonsumsinya sekitar 4-6 jam sebelum tidur. Begitu pula dengan nikotin dan alkohol.
source: http://webkesehatan.com/tips-tidur-sehat/

Olahraga Ringan Sebelum Tidur

Latihan ini dapat melemaskan otot-otot, tubuh dan pikiran untuk mendapatkan tidur yang sehat dan menyembuhkan gangguan tidur.
source: http://www.merdeka.com/sehat/8-tips-terbaik-untuk-membuat-tidur-lebih-sehat.html

Kamar Tidur yang Nyaman

Tempat yang sejuk lebih memungkinkan kamu cepat tertidur. Juga, mengurangi akses terhadap cahaya dan suara berarti mengurangi pengganggu tidur. Dengan kondisi tersebut, kamar tidur menjadi tempat nyaman dan membuat tubuh menjadi rileks, sehingga menjadikan tidur lebih berkualitas.
source: http://webkesehatan.com/tips-tidur-sehat/

Posisi Terlentang

Tidur dengan posisi ini membuat kepala, leher, dan tulang punggung dalam posisi yang netral. Tidak ada tekanan tambahan pada bagian-bagian tubuh tertentu. Menurut seorang ahli bedah ortopedi, Inilah posisi yang terbaik untuk membuat tulang punggung dalam posisi yang alami sepanjang malam.
source: http://health.kompas.com/read/2014/08/07/1942078/Manakah.Posisi.Tidur.yang.Paling.Sehat.

Olahraga Teratur

Gangguan tidur ringan dapat diatasi dengan berolahraga selama 40 menit, dua kali seminggu. Dengan rajin berolahraga, kualitas tidur akan meningkat, durasi tidur bertambah, dan badan pun lebih segar ketika terjaga. Namun, olahraga sebaiknya dilakukan 6 jam sebelum tidur, karena olahraga dapat meningkatkan suhu tubuh dan membuat kamu terjaga.
source: http://www.pesona.co.id/sehat/kesehatan/agar.tidur.berkualitas.dan.menyehatkan/002/002/11