Matte Foundation + Concealer + Loose Powder to the Rescue!
source: https://id.pinterest.com/

Foundation is the most crucial one. Pemilihan jenis foundation yang kamu gunakan bisa sangat memengaruhi hasil makeup-mu ketika tertangkap kamera lho, dan di sini jenis foundation matte bisa menjadi pilihan terbaik. Matte foundation dapat mengurangi kilap wajah dan membuat wajahmu terlihat lebih halus ketika difoto. Aplikasikan founfation dan kemudian disusul dengan concealer dan loose powder. Concealer dapat membantu menutupi noda hitam dan bekas jerawat di wajah agar terlihat lebih flawless dan loose powder dapat memberikan hasil akhir natural. 
 

Mulai Bentuk Alis
source: http://dailymail.co.uk/

Buat kamu yang belum tahu, alis dapat membentuk struktur wajah dan matamu lho agar terlihat lebih proporsional. Not to mention, alis yang tebal juga dapat membuat wajahmu terlihat lebih muda dan fresh. Karena itu, cobalah untuk mencari bentuk alis yang sesuai dengan bentuk wajahmu dan aplikasikan brow makeup secara natural agar tidak terlihat terlalu tebal di kamera. Kamu bisa menggunakan pensil alis untuk membingkai pinggiran alis dan filling menggunakan brow powder. 
 
<baca juga>

Aplikasikan Eye Makeup
source: https://dailyvanity.sg/

Untuk membuat matamu terlihat lebih hidup di depan kamera, jangan lupa untuk mengaplikasikan eye makeup, seperti eyeshadow, eyeliner, dan maskara. Kamu bisa menggunakan tiga warna eyeshadow (warna natural di seluruh kelopak, warna yang lebih gelap di bagian lipatan mata, dan highlighter di bagian sudut dalam mata) untuk membuat matamu terlihat lebih besar dan cerah. Kemudian, aplikasikan eyeliner secara tipis di bagian garis mata, dan gunakan maskara atau bulu mata palsu yang natural untuk memberikan ilusi bulu mata yang lentik.
 

Aplikasikan Lipstick dengan Lip Brush
source: http://www.thefashionables.com/

Ketika ingin foto close up untuk menunjukkan makeup yang kamu gunakan, sangat penting bagi kamu untuk memastikan lipstick yang kamu gunakan rapi dan warnanya terlihat pop up. Karena itu, sebaiknya aplikasikan lipstick menggunakan lip brush agar pinggiran bibirmu terlihat lebih rapi. Selain itu, mengalikasikan lipstick dengan lip brush juga dapat membuat warna lipstick terlihat lebih intens. 
 
<baca juga>

Gunakan Kamera yang High Quality
Last but not least, kamera yang kamu gunakan juga sangat memengaruhi bagaimana hasil makeup-mu terlihat di foto. That’s why, selalu gunakan kamera high quality agar makeup-mu terlihat lebih real di foto dan tidak terlalu berbeda dengan aslinya. Untuk pilihan kameranya, kamu bisa melirik kamera mirrorless seperti Panasonic Lumix GF9. Kamera ini dilengkapi dengan fitur 4K Photo dan 4K Resolution yang dapat menghasilkan kualitas gambar HD dengan ketajaman warna yang lebih bagus dibandingkan kamera biasa. Karena itu, kamera ini dapat menampilkan warna makeup-mu dengan lebih nyata. 
 

Bagusnya lagi, Panasonic Lumix GF9 juga memiliki fitur selfie seperti Advanced Self-Shot Mode dan Aesthetic Retouch yang dapat membuat makeup-mu terlihat lebih flawless ketika selfie. Seru sekali bukan? Kameranya juga sangat eye-catchy dengan desain yang elegan dan tiga pilihan warna menarik, seperti pink, oranye, dan hitam. It just gives more reasons to love this camera.