Apa itu HIIT?

HIIT adalah latihan cardio yang menggunakan kombinasi antara latihan intensitas tinggi dengan intensitas sedang atau rendah dalam selang waktu tertentu. HIIT terdiri dari latihan yang singkat namun intens dan diikuti oleh waktu istirahat di sela latihan. Untuk melakukan latihan HIIT, Minasan hanya membutuhkan waktu antara 10 hingga 20 menit.
source: http://gearpatrol.com/2012/12/28/the-holiday-hiit-workout/

Apa Manfaat HIIT?

Manfaat yang bisa didapatkan dari latihan HIIT antara lain meningkatkan kemampuan dan kondisi tubuh sehingga tubuh menjadi lebih bugar. Selain itu HIIT dapat memperbaiki metabolisme glukosa dalam darah, sehingga tubuh akan mengubah makanan menjadi energi dan memaksimalkan pembakaran lemak pada tubuh.

Apa Saja Yang Dibutuhkan Untuk HIIT?

Untuk Minasan yang ingin melakukan latihan HIIT, kamu tidak memerlukan alat olahraga layaknya fitness center karena HIIT mengandalkan gerakan aerobik seperti lari, jogging dan senam.

Program Latihan HIIT

Contoh program latihan HIIT ini diprogram untuk dilakukan selama 8 minggu dari tingkat paling mudah hingga tingkat advance.
Tahap I: Minggu 1-2
Lakukan lari sprint 15 detik.
Jalan cepat 60 detik.
Ulangi dua langkah tersebut selama 14 menit kemudian akhiri dengan lari sprint 15 detik.
Tahap II: Minggu 3-4
Lakukan lari sprint 30 detik.
Jalan cepat 60 detik.
Ulangi dua langkah tersebut selama 17 menit kemudian akhiri dengan lari sprint 30 detik.
Tahap III: Minggu 5-6
Lakukan lari sprint 30 detik.
Jalan cepat 30 detik.
Ulangi dua langkah tersebut selama 19 menit kemudian akhiri dengan lari sprint 30 detik.
Tahap IV: Minggu 7-8 Lakukan lari sprint 30 detik.
Jalan cepat 15 detik
Ulangi dua langkah tersebut selama 20 menit kemudian akhiri dengan lari sprint 30 detik.
source: http://www.huffingtonpost.com/2014/02/20/best-running-books-runner-should-read_n_4810498.html

Tips Latihan HIIT

Untuk melakukan latihan HIIT, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memperoleh hasil yang maksimal antara lain:
Waktu latihan HIIT yang efektif adalah pagi hari setelah bangun tidur dalam keadaan perut kosong. Jangan lupa konsumsi air putih yang cukup untuk mencegah dehidrasi.
Lakukan pemanasan sekitar 2-5 menit menjelang latihan HIIT agar terhindar dari cedera.
Durasi pemanasan dan latihan HIIT harus dipisah, agar durasi latihan HIIT kamu sesuai dengan program yang disusun.
Untuk meningkatkan pembakaran lemak, kamu dapat meminum teh hijau hangat tanpa gula. Selain itu kamu juga bisa sarapan dengan roti gandum atau beras merah.
Yang terpenting adalah atur juga waktu istirahat yang cukup serta pola makan yang baik dan teratur dengan seimbangkan karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan lemak.
source: http://livewellmagazine.org/5-nutrition-tips-for-teen-athletes-eat-well-to-play-well/
Jadi tunggu apalagi, segera miliki bentuk tubuh ideal dengan HIIT!