Mencatat dengan Font yang Berbeda

Gunakan gaya tulis atau font yang berbeda ketika mencatat suatu hal yang penting sehingga lebih mudah diingat. Hal ini dikarenakan tulisan akan terlihat berbeda dari catatan yang lainnya ketika dibaca. Kalau bisa jangan gunakan tulisan yang biasa Minasan gunakan, ya.
source: https://dailypost.wordpress.com/2014/02/06/who-is-your-reader/

Gunakan Warna yang Berbeda Untuk Menulis Catatan

Warna mempunyai prinsip yang sama dengan font. Gunakan warna-warna yang berbeda dalam mencatat banyak hal sehingga otak lebih cepat dan mudah dalam mengingat.
source: http://runfreakrun.com/category/inspiration/page/2/

Mengunyah Permen Karet Saat Belajar

Pada saat membaca catatan, kunyahlah permen karet yang Minasan suka. Maka ketika Minasan ingin mengingat kembali apa yang telah dipelajari, kunyahlah permen karet dengan rasa yang sama.
source: http://www.thankyourbody.com/chewing-gum-is-bad/

Pancing Ingatanmu dengan Parfum

Cara kerja parfum hampir mirip dengan permen karet. Caranya adalah semprotkan parfum pada buku yang akan Minasan baca. Bacalah sambil menghirup aroma parfum kuat-kuat. Jadi ketika Minasan menghirup aroma parfum yang sama, aroma tersebut akan memancing ingatan Minasan.
source: http://www.endeavour.edu.au/wellspring-blog/lifestyle/beauty/could-perfume-allergies-spell-the-end-of-chanel-no-5/

Dengarkan Musik Untuk Belajar yang Menyenangkan

Dengarkan musik yang Minasan suka atau musik klasik instrumental seperti Sigur Ros, Tycho atau Autechre saat sedang membaca. Atau bisa juga mendengarkan rekaman lisan dari guru dan musik secara bersamaan agar tidak membosankan.
source: http://wallpapersinhq.com/108280-music_beauty/