Saat ini profesi beauty vlogger sedang sangat happening di kalangan wanita. Tren beauty vlogger ini memang semakin populer sejak dua tahun lalu seiring dengan berkembangnya tren kecantikan dan juga meningkatnya awareness wanita tentang menjaga penampilan. Nah, sebenarnya, untuk menjadi beauty vlogger itu tidak terlalu sulit lho.
 
Kamu juga bisa menjadi beauty vlogger asal kamu memiliki passion tentang kecantikan dan juga bisa makeup. Tapi, selain itu, kamu juga harus selalu memastikan konten video-mu memiliki kualitas yang bagus dan terlihat professional, sehingga para viewer suka dengan video yang kamu buat. Untuk bisa menghasilkan kualitas video yang bagus, ada lima peralatan yang pelu kamu persiapkan sebelum jadi beauty vlogger lho. Apa saja ya kira-kira?
 
 
Lighting yang Memadai
source: https://vloggerpro.com/
 
First of all, pastikan kamu memiliki lighting equipment yang memadai. Pencahayaan merupakan salah satu unsur terpenting untuk bisa menciptakan kualitas video yang bagus. Dengan pencahayaan yang memadai, makeup dan produk yang kamu gunakan akan lebih terlihat nyata dibandingkan jika kamu shooting di ruangan yang gelap. Technically, kamu memerlukan tiga jenis lighting untuk merekam beauty video, yaitu main light, fill light, dan background light.
 
Fill light: Lighting ini biasanya ditempatkan tepat di depan subjek. Alat lighting-nya diletakkan di belakang, di samping, atau di atas kamera. Saat ini kebanyakan beauty vlogger menggunakan ring light berbentuk lingkaran sebagai fill light yang ditempatkan di antara kamera.
 
Main light: Diletakkan sekitar 45 derajat dari subjek dan cahaya yang dihasilkan lebih terang dibandingkan fill light.
 
Background light: Digunakan untuk menonjolkan background agar terlihat lebih terang.
 

High Quality Camera

Kamera yang kamu gunakan bisa menjadi game changer dan menentukan kualitas videomu. Jika kamu ingin mencari kamera terbaik untuk makeup artist, sebaiknya pilih kamera yang dapat menangkap dan memunculkan warna makeup yang kamu gunakan dengan sempurna. Dan jika kamu wondering kamera apa yang bagus untuk beauty vlogging, Panasonic Lumix GF9 menjadi salah satu kamera terbaik untuk vlogging dan sudah sering digunakan oleh para beauty vlogger, seperti TheLipstickMafiaaa dan Sasyachi.
 

Kamera ini dilengkapi dengan teknologi 4K Video yang dapat menghasilkan kualitas video HD dengan gambar yang tajam dan warna yang pop up, sehingga kamera ini dapat menangkap warna makeup yang lebih real. Selain itu, kamera ini juga memiliki 180 degree tilt LCD yang dapat dilipat ke atas, jadi bisa memudahkanmu ketika vlogging. Plus, Panasonic Lumix GF9 juga dilengkapi dengan Aesthetic Retouch lho, yang dapat digunakan untuk mengedit hasil foto agar terlihat lebih flawless. All in all, kamera ini sangat cocok digunakan untuk beauty vlogging.
 
source: https://www.instagram.com/thelipstickmafiaaa/

Background yang Menarik
source: https://www.instagram.com/thelipstickmafiaaa/

Kamu bisa membangun personality vlog-mu melalui set yang kamu gunakan lho. Semakin menarik background yang kamu gunakan, semakin besar juga kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak viewer. Kamu bisa menggunakan backdrop yang colorful dan polos untuk clean vibe atau menggunakan set kamarmu untuk memberikan sentuhan personal. Namun, jika kamu ingin menggunakan set kamar, pastikan agar kamarmu selalu bersih dan lighting-nya memadai ya. 
 

Aplikasi Video Editor
Selanjutnya, kamu juga tidak boleh melupakan aplikasi video editor agar videomu lebih menarik. Kamu bisa bermain menggunakan filter atau video effect yang dapat membuat videomu lebih fun dan tidak flat. Selain itu, jangan lupa juga untuk menambahkan backsound yang sesuai dengan tema videomu karena audio juga dapat membuat viewer betah menonton videomu.
 
 
Makeup yang Akan Di-review
source: https://www.instagram.com/thelipstickmafiaaa/

Last but not least, kamu juga perlu menyiapkan makeup atau beauty item yang ingin kamu review. Kamu bisa mulai me-review makeup dan skincare yang sering kamu gunakan sehari-hari, atau kamu juga bisa memberikan tutorial makeup yang simple.
 
Sangat mudah bukan, Beautynesian?