Apakah kamu sering wondering mengapa feed Instagram beberapa orang bisa terlihat outstanding dan eye-candy? It’s all because of the bird’s-eye shots! Karena selain mengerti basic tentang angle, lighting, dan cara mengambil foto yang baik, mereka juga perlu mengetahui hal apa saja yang harus di-highlight dalam suatu foto. Dan ternyata, masing-masing kategori foto memiliki trik yang berbeda lho. Buat kamu yang ingin mempelajari cara mengambil foto yang keren untuk Instagram, ini dia hal-hal yang perlu kamu perhatikan!

Beauty

 
source: https://www.pinterest.com/

Ketika ingin mengambil foto makeup, hal pertama yang perlu kamu pikirkan adalah skalanya. Misalnya ketika kamu ingin shoot makeup item yang kecil seperti lipstick, sebaiknya pastikan props lainnya tidak terlalu mencolok, baik dari segi warna, detil, dan ukuran. Jika hal yang ingin kamu tonjolkan adalah warna lipstick-mu, buka lah tutup tube-nya sehingga warna lipstick-mu terlihat. Lalu jika yang ingin kamu tonjolkan adalah warna eyeshadow palette, kamu bisa membuka lid-nya dan jangan takut untuk mengambil foto close up.
 

Food
source: https://www.pinterest.com/

Bisa dibilang mengambil foto makanan merupakan challenge terberat karena kamu bisa saja mengubah semangkuk salad yang terlihat lezat dan appetizing menjadi tumpukan sayuran hijau yang tidak menggiurkan. Untuk mengambil foto makanan sebaiknya gunakan pencahayaan natural dengan piring yang diletakkan di dekat jendela. Pro tip: hindari mengambil foto makanan dengan warna yang terlihat bland seperti pasta, sup, dan nasi. Tapi jika memang terpaksa, kamu bisa mengambil fotonya dengan proporsi yang lebih kecil dan tambahkan makanan lain yang colorful.
 

Fashion
source: https://www.pinterest.com/

Kamu bisa mencoba banyak hal untuk menciptakan foto fashion, mulai dari OOTD hingga flat lay. Agar fashion Insta-mu lebih menarik, kamu bisa coba mirror selfie atau flat lay outfit. Oh iya, untuk menghindari #FlatLayFail, kamu bisa menata outfit-mu agar tidak terlihat terlalu kaku seperti tumpukan pakaian di dalam lemari dengan menggulung lengan atau bagian bawah celana, dan memberikan personal touch seperti buku atau laptop-mu.
 

Travel
Well, foto dengan tema traveling bisa dibilang paling mudah dibandingkan kategori lainnya karena kamu bisa menemukan banyak objek foto yang menarik selama traveling. Misalnya saja kamu bisa mengambil foto what’s on your travel pouch, makeup yang kamu bawa, atau travel book dengan desain yang cantik dan aksesoris traveling lainnya. Selain itu, kamu juga bisa bermain dengan warna earthy yang colorful untuk tema traveling seperti warna biru, hijau, atau cokelat.
 
source: https://www.pinterest.com/

Nah, itu dia trik mengambil foto yang keren untuk feed Instagram-mu. Namun, selain mengetahui trik fotografi untuk berbagai kategori di Instagram, pemilihan kamera yang kamu gunakan juga sangat penting lho untuk menghasilkan kualitas gambar yang lebih terang dan tajam. And for this one, mirrorless camera can be a good option. Kamera mirrorless saat ini memang sedang trending karena desainnya yang compact namun dapat menghasilkan kualitas foto yang tidak kalah dengan kamera DSLR. Untuk rekomendasi kameranya, kamu bisa mencoba Panasonic Lumix GF9 yang unggul dengan teknologi 4K Photo & Video yang dapat menciptakan foto dan video dengan kualitas gambar HD.
 

Menariknya lagi, kamera ini juga disertai dengan berbagai fitur menarik lho seperti Advanced Self Shot Mode dan Beauty Retouch untuk mengambil foto selfie dengan lebih mudah dan hasil yang flawless, 4K Burst Shooting untuk menyimpan 8MP JPEG dari 30fps 4K video, dan Post-Focus untuk menentukan focus gambar setelah foto diambil. Plus, kamera ini juga hadir dengan berbagai pilihan warna yang menarik seperti pink, oranye, dan hitam. Bisa dibilang kamera ini memiliki paket lengkap buat kamu yang tertarik dengan fotografi.