Jangan anggap sepele soal vagina, ladies! Seperti halnya wajah, vagina juga butuh perawatan khusus yang sederhana agar tetap kencang, muda, dan sehat. Karena ternyata vagina juga mengalami penuaan, lho! Banyak wanita yang tidak mengetahui fakta ini, juga cara merawat vagina agar tetap kencang dan muda. Padahal penuaan vagina bahkan bisa terjadi sejak usia awal 20-an.

Para wanita marak melakukan vaginal rejuvination yang menelan biaya tidak murah. Nah, untuk kamu yang tetap ingin melakukan cara alami tanpa keluar biaya banyak, ini tips mudah merawat vagina yang bisa kamu lakukan setiap hari di rumah. 


 

Jaga Berat Badan Seimbang

Vagina yang mengendur bisa disebabkan oleh penurunan berat badan drastis. Ketika kamu kehilangan lemak di tubuh, lemak di vagina juga akan berkurang dan menyebabkan vagina mengalami penuaan. Maka dari itu, usahakan agar tubuhmu tetap ideal dengan berat badan seimbang. 

source: http://www.nydailynews.com


 

baca juga

Lakukan Senam Kegel


Senam kegel dinilai ampuh menjaga vagina tetap kencang dan muda. Lakukan senam kegel dengan benar, yaitu dengan mengontraksi otot dasar di bagian pelvis selama lima detik, kemudian melepaskannya dan rileks. Ulangi sebanyak 100 kali, lakukan setiap tiga kali dalam sehari.

source: http://www.caramedika.com


 

Hindari Bersepeda


Olahraga bersepeda tidak dianjurkan untuk wanita. Apalagi bersepeda jarak jauh. gesekan dan gerakan yang konstan dalam waktu lama di area pangkal paha bisa menarik dan membuat vagina menjadi elastis dan longgar. Ini akan membuat vaginamu tidak lagi sehat dan kencang. Sebaiknya ganti dengan olahraga lain seperti pilates, yoga, dan juga senam kegel.
source: https://www.popsugar.com.au


 

baca juga

Jangan Menggosok Vagina Terlalu Kencang


Setiap habis buang air kecil, usahakan untuk membasuh vagina dengan lembut. Menggosok labia vagina dengan kerasa dan berulang malah akan membuat vagina iritasi dan tidak elastis. Jika kamu ingin membersihkan vagina dengan sabun, jangan pilih sabun yang banyak mengandung unsur kimia. 

source: https://www.flagman.bg


 

Ganti Kursi dengan Bola Pilates

Duduk selama berjam-jam di kursi tidak baik untuk kondisi vagina. Demi menjaga kesehatan vagina, ganti kursi dengan bola pilates. Bola pilates akan melatih otot pelvis untuk aktif seperti senam kegel. 

source: https://www.dramafever.com