1. Membersihkan Sisa Make Up

Langkah paling awal sekaligus juga yang paling penting dalam 10 langkah urutan skincare malam yang biasa dilakukan para wanita Korea adalah membersihkan sisa make up. Mereka memilih produk pembersih dengan kandungan minyak di dalamnya untuk mengangkat seluruh make up dan kotoran dari kulit wajah. Oleskan produk ke wajah dan beri pijatan-pijatan lembut kemudian bilas. Wajahmu langsung bersih dari make up.
 

source: http://trivia.id/post/mau-kulit-wajah-cantik-bagai-artis-korea-tak-perlu-operasi


 

2. Mencuci Wajah

Setelah membersihkan make up dan kotoran dengan produk pembersih berbahan dasar minyak atau oil, langkah selanjutnya adalah mencuci wajah dengan sabun pembersih. Namun, bukan sabun pembersih sembarangan melainkan sabun pembersih berbahan dasar air. Ini berguna untuk membersihkan kotoran di wajah hingga ke dalam pori-pori juga mencegah kulitmu terasa kering. 
 

source: http://trivia.id/post/mau-kulit-wajah-cantik-bagai-artis-korea-tak-perlu-operasi


 

<baca juga>

3. Exfoliating


Eksfoliasi kulit wajah ini termasuk langkah yang penting juga dalam urutan skincare malam ala Korea. Gunanya untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan mencerahkan kulit agar wajah tetap lembut dan tidak kusam.

Kamu bisa menggunakan face scrub untuk mengeksfoliasi wajah, tapi gunakan scrub yang butirannya enggak terlalu keras. Tahap eksfoliasi ini jangan terlalu sering, ya, ladies. Cukup 1-2 kali seminggu untuk merawat wajahmu tetap cantik.
 
source: http://beautynesia.id/3887

4. Toner

Puncak dari kegiatan pembersihan dalam 10 tahapan urutan skincare malam ini adalah memakai toner. Toner adalah untuk mengangkat seluruh produk kosmetik pembersih maupun kotoran yang masih tertinggal di wajah.

Tidak hanya itu, toner sangat berguna untuk menormalkan kembali pH kulit pada wajah. Hindari penggunaan toner yang mengandung alkohol, tetapi pilihlah toner yang ringan agar wajah dapat kembali fresh.
 

source: http://www.ledisia.com/perawatan-wajah/10-langkah-mudah-melakukan-perawatan-wajah-ala-korea/


 

<baca juga>

5. Essence

Tahap selanjutnya adalah mengaplikasikan essenceEssence ini dipercaya dapat mengmbalikan bahkan menyempurnakan penampilan kulit. Beberapa kegunaannya adalah untuk melembabkan, menutrisi, menghaluskan, mengencangkan, menyamarkan noda hitam, menghilangkan keriput, dan membuat kulit wajah tampak lebih merona. Banyak orang yang menganggap bahwa essence ini sama seperti serum.
 

source: http://beautynesia.id/7188


 

6. Serum

Serum juga penting, lho, untuk perawatan wajahmu. Meski memiliki bahan aktif yang lebih rendah, namun serum berguna untuk menutrisi kulit. Teksturnya yang cair membuat kita tidak perlu menggunakannya terlalu banyak karena dipakai sedikit sudah ampuh menutrisi seluruh wajah.
 

source: http://lifestyle.liputan6.com/read/2460020/pakai-serum-wajah-itu-ternyata-penting


 

7. Masker


Tidak hanya exfoliasi yang penting untuk wajah. Bagi perempuan Korea, masker adalah salah satu perawatan wajah yang wajib untuk dilakukan. Masker berguna untuk menutrisi wajah sehingga wajah dapat kembali segar dan nggak kusam.

Masker kecantikan tersebut tentu saja berkhasiat untuk mencerahkan, melembabkan, atau mencegah keriput pada wajah. Biasanya, ini dilakukan sebanyak dua kali seminggu. Masker yang bisa digunakan bermacam-macam seperti peel-off mask atau sheet mask. 
 

source: http://beautynesia.id/5207


 

8. Eye Cream

Tidak disangka mata juga menjadi bagian penting yang harus dijaga. Wanita Korea sadar akan hal tersebut, makanya mereka sering memasukkan eye cream dalam urutan skincare malam mereka. Kulit bawah mata ternyata lebih tipis daripada kulit lainnya di wajah. Tidak heran jika kulit di bawah mata lebih cepat keriput dan membentuk lingkaran hitam.

Eye cream berguna untuk mengempeskan kantung mata dan menghilangkan mata panda. Tidak hanya eye cream, wanita Korea juga sering memakai bahan alami seperti irisan mentimun atau kentang untuk ditempelkan di bawah mata. 
 

source: https://journal.sociolla.com/mengupas-pentingnya-eye-cream/


 

9. Moisturizer


Nah, jangan pernah meninggalkan tahapan yang satu ini, ladies. Meski kamu menjalankan tahapan yang lain namun kamu melupakan moisturizer, kulitmu tidak akan secantik wanita Korea. Moisturizer membantu wajahmu menyerap nutrisi. Gunakan pelembab wajah yang ringan, dan apabila kulitmu berminyak pakailah yang berbasis air.

Pada saat mengoleskannya, sangat disarankan untuk memberikan pijatan dengan gerakan memutar. Hal ini bertujuan agar sirkulasi pada wajah semakin lancar sehingga kulit dapat menyerap nutrisi dengan optimal.
 

source: https://prelo.co.id/blog/urutan-serum-sunscreen-dan-moisturizer-mana-yang-lebih-dahulu/


 

10. Night Cream

Terakhir, kamu harus memakai night cream untuk menjaga kulitmu tetap ternutrisi, memperbaiki sel-sel kulit yang rusak akibat matahari, dan untuk melembabkan kulit sepanjang malam. Dengan memakai krim malam, proses regenerasi kulit pun akan semakin optimal sehingga kulitmu akan tampak lebih segar dan bersih. Dampak jangka panjangnya adalah, kulitmu akan awet muda dan nggak mudah timbul keriput!
 

source: https://www.merdeka.com/gaya/demi-terlihat-cantik-25-persen-wanita-pakai-make-up-saat-tidur.html


 

Tuh, enggak susah kan urutan skincare malam ala Korea? Kamu bisa start dari sekarang, lho, ladies, agar kulitmu tetap cantik dan sehat. Selamat mencoba, ladies!