Seperti makanan, produk kecantikan seperti kosmetik juga memiliki batas waktu pemakaian hingga kadaluarsa. Waktu kadaluarsa ini sebaiknya tidak kamu abaikan ya Ladies, karena berbagai bahaya berikut bisa mengintai jika kamu masih bandel memakai kosmetik kadaluarsa. Daripada nanti kamu keluar uang untuk perawatan kulit lagi, lebih baik ganti kosmetik secara berkala agar kamu tidak mengalami hal-hal berikut, seperti yang dirangkum dari Women’s Health Mag.


Kosmetik Kadaluarsa: Kenali Ciri-cirinya!


Pada kosmetik, tanggal kadaluarsa biasanya tidak dicantumkan berupa tanggal persis karena kosmetik yang masih terutup atau disegel baisanya bisa bertahan lama. Pada kosmetik dan skin care biasanya hanya dicantumkan jangka waktu period-after-opening (PAO) yang menyatakan bulan (misalkan 6M yang berarti 6 bulan atau 12M yang berarti 12 bulan). Makanya, penting untuk kamu mencatat dan mengingat sudah berapa lama kosmetik tersebut kamu gunakan.

Sudah lupa tanggal atau bulan kapan kamu membuka dan memakai kosmetikmu? Kamu bisa cek tanda-tanda kosmetik kadaluarsa dengan memperhatikan bentuk serta tekstur. Kosmetik yang sudah kadaluarsa biasanya akan mengalami perubahan konsistensi atau tekstur, misalnya menjadi kering, menggumpal, dan susah diratakan. Hal inipun berlaku untuk maskara (biasanya menggumpal) hingga lipstick dan foundation, menurut dermatolog asal New York, Hadley King MD.

source: https://burkewilliamsspa.com/


Kosmetik Kadaluarsa Juga Mengalami Hal Ini!


Saat melewati masa kadaluarsa, kandungan bahan aktif pada kosmetik dan skin care juga bisa jadi hilang dan kurang ampuh. Misalnya, kandungan SPF pada foundation yang kadaluarsa sudah tidak ampuh untuk melindungi kulit dari matahari. Untuk skin care misalnya, kemampuan salicylic acid untuk mengobati dan mencegah jerawat bisa jadi tidak efektif lagi setelah kadaluarsa.

source: http://www.theperfumeexpert.com/
baca juga


Ini yang Terjadi pada Kulit Ketika Kamu Memakai Kosmetik Kadaluarsa


Struktur molekul kimia pada kosmetik kadaluarsa bisa berubah dan memicu reaksi berbeda pada kulit. Kulit bisa mengalami iritasi yang memicu inflamasi (peradangan), kemerahan, jerawat, ruam, hingga lepuhan dan pembengkakan. Seram ya?

Kosmetik kadaluarsa juga menjadi “sarang” bakteri, hal inipun juga bisa memicu berbagai reaksi pada kulit seperti iritasi dan benjolan yang menyerupai jerawat. Untuk bagian mata, bakteri bisa menyebabkan infeksi dan mata kemerahan, sedangkan lipstick bisa menyebabkan pembengkakan. Karena itu, jangan lupa ganti maskara-mu setiap 3 bulan ya, Ladies!

source: https://unsplash.com/@chrisjoelcampbell