Menggaruk

Wanita seringkali mengalami gatal pada daerah kewanitaan. Tapi jika hal itu terjadi, bukan berarti kamu harus menggaruk vaginamu ya ladies. Gatal pada bagian vagina diakibatkan oleh keputihan yang tidak wajar, bahkan rasa gatal tersebut bisa menjalar hingga kebagian pangkal paha. Menggaruk daerah kewanitaan bisa menimbulkan luka dan infeksi.

Nah, hal yang sebaiknya kamu lakukan adalah membersihkannya dengan air godokan sirih atau mencuci vagina dengan sabun khusus vagina. Jika hal tersebut masih berlanjut coba segera konsultasikan ke dokter ya.
 

source: https://alodokter.com


 

Membersihkan vagina dengan Sabun Mandi

Merawat vagina memang dibutuhkan perhatian yang ekstra ya ladies. maka dari itu kamu harus telaten dan rajin membersihkan vagina setiap hari. Namun perlu diingat, hindari membersihkan vagina dengan menggunakan sabun mandi.

Bukan bersih yang kamu dapati, akan tetapi vagina akan mengalami iritasi. Nah, sebaiknya bersihkan vagina dengan sabun khusus yang mengandung pH yang sesuai agar daerah kewanitaanmu tetap terjaga dengan bersih.
 

source: https://hellosehat.com


 

baca juga

Mengelap Sehabis Buang Air Kecil

Toilet umum seringkali tidak menyediakan air bersih dan mengharuskan kamu membersihkan daerah kewanitaan dengan menggunakan tisu sehabis buang air kecil. Nah, pada dasarnya hal tersebut juga tidak boleh dilakukan lho ladies.

Sebab jika kamu hanya mengelap daerah kewanitaanmu tanpa mencucinya bisa mengakibatkan masuknya bakteri dan kuman. Maka dari itu, bawalah tisu basah yang dikhususkan untuk daerah kewanitaan untuk membersihkan vagina jika kamu sedang buang air kecil di toilet umum.
 
source: https://meetdoctor.com


 

Kenakan Celana yang Masih Basah

Saat kamu buang air kecil tanpa kamu sadari celana dalammu pasti akan terasa basah. Nah, hal tersebut juga bisa menjadi pemicu masuknya bakteri dan kuman lho. Karena vagina dipastikan akan mengalami kelembaban.

Nah, jika hal tersebut terjadi sebaiknya segeralah mengganti celana dalamu ya ladies dan selalu membawa celana dalam cadangan kemanapun kamu pergi. Jangan sampai kamu membiarkan bakteri jahat masuk ke dalam daerah kewanitaanmu.
 
source: https://hellosehat.com