Apa Sih Penyebab Tumbuhnya Tahi Lalat?


Di antara kamu mungkin ada yang kurang pede alias risih sama yang namanya tahi lalat? Tahi lalat bisa dibilang sebagai salah satu permasalahan kulit yang tidak berbahaya, bahkan sebagian wanita malah menganggap tahi lalat sebagai simbol kecantikan. Tapi ada juga lho yang merasa terganggu dengan tahi lalat. Nah, khusus buat kamu yang risih dengan tahi lalat, kira-kira apa aja sih penyebab tumbuhnya tahi lalat?


​​​​​​​Faktor Genetik
 

source: https://www.yellowpages.ca


Tumbuhnya tahi lalat terjadi karena adanya kesalahan pertumbuhan melanosit yang tidak menyebar. Apa itu melanosit? Melanosit adalah cikal bakal pigmen kulit yang bekerja untuk menumbuhkan atau memunculkan warna alami pada kulit.

Pada dasarnya, hal seperti ini tidaklah berbahaya, namun dari segi estetika mungkin ada beberapa orang yang kurang menyukai adanya tahi lalat pada tubuh mereka. Namun tahukah kamu bahwa tumbuhnya tahi lalat 80 persen diakibatkan oleh faktor genetik? Biasanya, orang yang memiliki warna kulit cerah atau memiliki jenis kulit muda akan lebih mudah untuk memiliki tahi lalat.


Mengkonsumsi Obat-Obatan Tertentu
 

source: https://www.freepik.com


Pada dasarnya, mengonsumsi banyak obat-obatan tertentu saat sakit seperti antibiotik dan sebagainya akan menyebabkan efek samping seperti penurunan sistem kekebalan tubuh. Dengan turunnya sistem kekebalan tubuh, maka secara tidak langsung kulit kamu akan menjadi lebih sensitif dan sistem pertumbuhan menjadi terganggu.

Melihat kasus ini, maka dapat dibilang bahwa sel-sel pembuatan melanosit/ pigmen pun akan ikut terganggu. Singkatnya, risiko pertumbuhan tahi lalat menjadi lebih tinggi dari biasanya.

baca juga


Cara Mencegahnya?


 

source: http://www.alliancehealthfresno.com

Buat kamu yang merasa sudah memiliki cukup banyak tahi lalat, kamu bisa mulai mengonsumsi jus bawang merah untuk mencegah pertumbuhan tahi lalat yang berlebih. Kenapa bawang merah? Bawang merah memiliki tingkat senyawa keasaman yang berguna untuk melunturkan tahi lalat secara optimal.

Caranya cukup gampang, cukup jus bawang merah, lalu oleskan ke tahi lalat yang ingin kamu hilangkan dengan cotton bud. Lakukan treatment selama 15-30 menit dalam sehari untuk hasil yang maksimal.

Adapun bahan lain yang ampuh untuk menghilangkan tahi lalat antara lain seperti madu murni, daun lidah buaya dan kapur sirih. Untuk cara pengaplikasiannya pun tetap sama kok. So, kamu enggak perlu bingung lagi untuk mengatasi permasalahan kulit indah kamu.