1. Kulit Memerah

Tanda pertama atau yang sering terjadi ketika kamu alergi terhadap produk kecantikan tertentu adalah munculnya kemerahan atau ruam pada kulit. Meskipun tanda ini pada sebagian orang bisa muncul dalam waktu lama, namun jika hal ini terjadi sudah bisa dipastikan jika terdapat kandungan di dalam produk kecantikan yang tidak cocok untuk kulit kamu.

Kebanyakan produk makeup dan skincare memang mengandung formula allergenic inactive yang dapat menyebabkan iritasi atau kemerahan pada kulit. Ruam kemerahan tersebut juga dapat terjadi karena bahan pengawet, wewangian, atau asam akrilat yang biasa ditemukan dalam komponen kosmetik. Apabila hal ini terjadi, segera hentikan pemakaian produk kecantikan tersebut dan kunjungi dokter ahli kulit untuk berkonsultasi. 
 

source: http://obatkulitwajah.com/


 

2. Muncul Rasa Panas dan Gatal

Selain ruam kemerahan, tanda kamu alergi terhadap produk kecantikan lainnya adalah munculnya rasa panas dan gatal pada kulit. Produk kecantikan yang cocok dengan kulit kamu seharusnya tidak akan menimbulkan rasa gatal maupun panas. Beberapa produk kecantikan memang memiliki kandungan kimia yang terlalu kuat khususnya untuk kulit sensitif.

Selain itu fragrance atau wewangian yang terdapat pada produk kecantikan bisa menjadi faktor utama penyebab iritasi atau alergi. Sebaiknya hindari produk kecantikan yang mengandung fragrance dan retinol. Pilih produk kecantikan dengan kandungan vitamin C atau resveratol atau lebih baik lagi kamu selalu berkonsultasi terlebih dahulu pada ahlinya. 
 

source: http://www.pengobatanalergi.com/


 

<baca juga>

3. Kulit Terasa Kencang

Saat memakai produk kecantikan tertentu seperti skincare ada yang memberikan efek mengencangkan kulit. Namun kamu jangan tertipu oleh rasa kencang yang ditimbulkan usai menggunakan produk kecantikan tersebut. Kulit yang terasa kencang ternyata juga bisa menjadi tanda jika produk kecantikan tersebut tidak cocok dengan kulit kamu.

Hal ini dapat terjadi ketika kamu menggunakan pembersih wajah yang tidak tepat, maka dapat mengurangi kandungan minyak sekaligus tanda bahwa produk kecantikan yang kamu gunakan tidak memiliki pH yang seimbang sehingga dapat menyebabkan kulit mengalami dehidrasi, iritasi dan terasa kencang.

Selalu pilih pembersih dengan kandungan pH 4,0 – 5,5 yang sesuai dengan pH kulit wajah manusia dan mengandung surfaktan berbahan dasar alami serta lembut agar wajah kamu tidak kering.
 

source: http://nova.grid.id/


 

4. Kulit Kering Hingga Terkelupas

Selain kulit terasa kencang, selanjutnya tanda lain yang biasanya juga menyertai jika kamu mengalami alergi terhadap produk kecantikan adalah kulit kering dan terkelupas. Hal ini bisa disebabkan karena produk kecantikan tersebut memiliki kandungan acid yang tinggi. Biasanya kandungan acid yang tinggi terdapat pada produk peeling, sabun muka atau pembersih.

Kombinasi antara alphahudroxy acid, salisylic acid dan retinol yang terdapat dalam produk kecantikan dapat menyebabkan pengelupasan yang berlebihan pada kulit. Sebaiknya memang tidak mencampurkan alphahydroxy acids dengan salicylic acids dan retinol. 
 

source: http://www.tribunnews.com


 

<baca juga>

5. Terjadi Pembengkakan

Beberapa reaksi yang timbul ketika seseorang mengalami alergi terhadap produk kecantikan bisa juga dengan terjadinya pembengkakan. Pemakaian produk kecantikan seperti eyeliner, mascara atau eyeshadow yang tidak sesuai untuk jenis kulit kamu dapat menyebabkan gatal dan pembengkakan di area mata.

Hal ini tentunya tidak bisa kamu sepelekan, Beautynesian. Kamu harus waspada terhadap produk kecantikan yang kamu gunakan. Mengingat mata juga area sensitif, segera hentikan pemakaian dan periksa segera ke dokter kulit. 
 

source: http://intisari.grid.id/


 

6. Timbul Jerawat

Hal yang paling sering muncul juga sebagai tanda alergi terhadap produk kecantikan adalah timbunya jerawat. Jerawat kecil dan merah biasanya adalah indikasi kulit sedang menunjukkan reaksi penolakannya terhadap produk kecantikan tertentu. Untuk memastikan hal ini kamu bisa teruskan penggunaannya selama 2 - 3 minggu untuk memberi waktu kulit beradaptasi.

Hal ini dikarenakan kulit membutuhkan sekitar 28 hari untuk beregenerasi dan melihat perubahannya. Jika ternyata jerawat masih muncul sebaiknya kamu hentikan pemakaian dan berkonsultasi dengan dokter kulit.
 

source: http://ohayo.co.id/


 

7. Kulit Lebih Berminyak

Kamu juga harus waspada ketika kulit kamu yang awalnya tidak berminyak tiba-tiba menjadi lebih berminyak. Hal ini bisa juga menjadi tanda bahwa kamu alergi terhadap produk kecantikan yang kamu pakai.

Hal ini terjadi saat lapisan minyak alami rusak karena produk kecantikan tertentu sehingga sebagai kompensasi, kulit akan memproduksi lebih banyak minyak. Sebaiknya pilih produk kecantikan yang dapat menghidrasi kulit dengan baik tanpa menambahkan atau memunculkan minyak yang berlebih. 
 

source: http://www.grid.id/