Tidak seperti tanggal kadaluarsa makanan yang tertera jelas di kemasan, tanggal kadaluarsa pada kosmetik seringkali tidak kamu temukan. Sebagai gantinya, biasanya tertera simbol PAO (period after opening) berupa gambar kemasan terbuka dengan angka yang tertera. Angka tersebut menunjukkan waktu penggunaan terbaik setelah kosmetik atau skin care.

Tapi seringkali kamu malas mengecek atau bahkan lupa kapan kamu membeli make up. Mulai sekarang, kamu bisa membiasakan diri untuk mencatat dan mengingat waktu pembelian dan penggunaan kosmetikmu ya, Ladies, karena ternyata kosmetik juga bisa memasuki masa kadaluarsa. Enggak lucu kan kalau sampe kosmetik kadaluarsa nanti malah bisa membuat wajahmu iritasi? Berikut panduan waktu kadaluarsa beberapa kosmetik.


Maskara | 3 Bulan


Kamu yang gemar memakai maskara untuk menciptakan bulu mata yang tebal dancantik wajib tahu bahwa maskara memiliki masa kadaluarsa yang cukup singkat, yaitu hanya 3 bulan. Tiga bulan ini terhitung sejak pertama kali kemasan dibuka dan maskara dipakai. Bulu sikat yang sudah dikeluarkan (walaupun hanya sekali pakai) bisa terkena bakteri. Bakteri yang berkumpul ini bisa menyebabkan mata merah dan gatal. Karena itu, jangan lupa ganti maskara-mu setiap 3 bulan ya!

source: https://www.lorealparisusa.com/


Foundation | 6-12 Bulan


Kosmetik cair (liquid) memiliki masa pakai yang lebih singkat dibandingkan kosmetik bubuk (powder), salah satunya yaitu foundation. Alas bedak ini juga bisa menjadi sarang bakteri dan sebaiknya kamu ganti setiap 6 hingga 12 bulan sekali. Agar lebih awet, jauhkan foundation dari tempat yang lembap (seperti kamar mandi), serta jauhkan dari panas atau tempat dengan suhu tinggi. Perubahan warna dan bau yang berbeda bisa menjadi peringatan untuk segera membeli foundation baru.

source: https://www.glamour.com/
baca juga


Lipstick | 1 Tahun


Si perona bibir satu ini ternyata memiliki masa pakai selama 1 tahun. Sebenarnya, formula lipstick tidak mudah dicemari bakteri karena tidak adanya kandungan air. Tapi karena kerap digunakan di area mulut, maka sebaiknya diganti 1 tahun sekali. Lipstick yang sudah tidak baik ditandakan dengan perubahan bau dan tekstur.

source: https://makeupandbeauty.com/


Concealer | 1-2 Tahun


Concealer bisa kamu gunakan lebih lama dari foundation, yaitu hingga 2 tahun untuk concealer berbentuk powder dan stick. Untuk concealer liquid, sbeaiknya kamu mengganti setiap 1 tahun sekali ya!

source: https://www.tokopedia.com/
baca juga


Blush & Powder | 1-2 Tahun


Powder atau bedak tabur bisa bertahan hingga 2 tahun dengan penyimpanan yang tepat. Sedangkan untuk blush on sendiri tergantung jenis dan formulanya. Blush berbentuk powder bisa bertahan sampai 2 tahun, sedangkan cream blush hanya 1 tahun. Bedak dan powder blush perlu kamu simpan di tempat yang kering. Hindari tempat basah dan lembap seperti kamar mandi ya Ladies, karena tempat lembap bisa mempercepat pertumbuhan bakteri pada kosmetik powder-mu.
 

source: http://www.shopandbox.com/


Yuk segera buang dan ganti kosmetik kadaluarsa-mu!