Kosmetik yang menempel pada wajah sedikit banyak bisa mempengaruhi keadaan kulitmu, baik itu membuat kulit menjadi berminyak hingga muncul reaksi alergi seperti berjerawat. Ditambah lagi, kosmetik hanyalah satu dari sekian banyak penyebab munculnya jerawat. Masih ada faktor penyebab jerawat lain yang perlu kamu waspadai, seperti kurang tidur, makanan, konsumsi gula berlebih, air kotor, polusi, hingga alergi kosmetik.

Keadaan ini bisa semakin membingungkan, terutama bagi kamu dengan kulit yang rentan berjerawat (acne prone). Apakah jerawatmu yang muncul kali ini disebabkan oleh kosmetik atau jerawat hormonal? Cek tanda-tanda wajah breakout akibat kosmetik ini!

source: https://www.instagram.com/sephoraidn/


Apakah Kamu Kerap Menggunakan Make Up yang Tebal?


Make up, seperti foundation, yang tebal cenderung bisa menyumbat pori-pori. Pori-pori yang tersumbat ini bisa menjadi tempat berkumpulnya kotoran dan minyak, dan nantinya berpotensi menimbulkan jerawat.

Solusinya?
Jika kamu memang membutuhkan coverage lebih dengan foundation yang lebih tebal, pastikan kamu mencuci dan membersihkan wajahmu setelahnya. Kamu juga bisa mencoba menggunakan skin care dengan kandungan hydroxy acid (AHA/BHA) untuk membersihkan wajah hingga ke dalam pori-pori dan mengangkat sle kulit mati yang menumpuk.
 

source: https://www.instagram.com/sephora/
baca juga


Apakah Kulitmu Kering Akibat Pemakaian Skin Care Untuk Jerawat?


Skin care yang ditujukan untuk mengobati kulit berjerawat bisa membuat kulit kering dan merusak ketahanan kulit (skin barrier). Kulit yang terlalu kering kemudian bisa memicu kelenjar minyak untuk memproduksi minyak berlebih dan akhirnya menyumbat pori. Ketahanan kulit yang bekurang juga bisa memudahkan bakteri untuk masuk ke pori-pori.

Solusinya?
Gunakan produk dengan kandungan arang (charcoal), misalnya sabun atau masker, untuk membersihkan bakteri dan membersihkan kulit tanpa membuat kulit kering. Gunakan spot treatment pada jerawat dan moisturizer yang non comedogenic setelahnya.
 

source: https://www.instagram.com/sephora/


Selain Jerawat, Apakah Kamu Mengalami Gejala Ini Pada Kulit?


Banyak gejala yang bisa muncul saat kulitmu tidak cocok dengan produk yang kamu gunakan, seperti ruam, kemerahan, rasa gatal, hingga kulit yang terasa menyegat atau terbakar. Semua tanda ini bisa menjadi lampu merah untukmu!

Solusinya?
Segera hentikan penggunaan produk yang tidak cocok dengan kulitmu, dan ganti dengan produk lain yang lebih sesuai. Beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mendapatkan produk yang ramah di kulit yaitu:

  • Produk dengan tekstur ringan dan tidak terasa berat di kulit
  • Hindari produk kecantikan dengan komposisi yang bisa mengiritasi kulit, seperti alkohol, menthol, peppermint, lemon, dan pewangi (fragrance).
  • Pilih produk non-comedogenic
  • Pilih kosmetik yang tidak mengandung minyak (oil-free)
     
source: http://viminim.blogspot.com
baca juga


Jadi, Kira-kira apakah wajah breakout mu disebabkan oleh kosmetik?