1. Tidak Mungkin Macet

Transportasi darat ini memang tidak lebih cepat dari pesawat terbang, meskipun sama-sama tidak akan pernah kena macet, kereta api tentu lebih murah dibanding pesawat. Kereta api juga transportasi yang paling cepat diantara transportasi darat lainnya.
source: http://www.maastrichtuniversity.nl/web/Main/Sitewide/Content/QuestionAndAnswerNSBusinessCard.htm

2. Bebas Berkeliaran di Setiap Gerbong

Semua transportasi umum masih memungkinkan para penumpang untuk berkeliaran di dalam. Akan tetapi, berkeliaran di dalam gerbong kereta api lebih bebas bergerak dibanding transportasi lainnya. Bayangkan saja saat menelusuri gerbong demi gerbong layaknya adegan kejar-kejaran di dalam kereta yang sedang melaju kencang di film action.
source: http://travelingyuk.com/liburan-naik-kereta/

3. Tempat Duduk yang Luas

Berbeda dengan bus, kereta api memiliki jarak tempat duduk yang lebih luas dan membuat nyaman para penumpang saat sedang duduk. Tidak perlu bingung seperti naik bus yang harus mengatur posisi duduk agar lutut tidak menyentuh kursi penumpang depan. Tidur pun lebih nyaman tanpa khawatir dengan polisi tidur.
source: https://3gindonesia.id/read/2015/02/jendela-kereta-api/

4. Stop Kontak

Hampir semua kereta api, kini dilengkapi dengan stop kontak untuk mengisi daya baterai ponsel, lho. Meski ada beberapa kereta yang belum dilengkapi. Namun, untuk kereta api jarak jauh sudah pasti memiliki fasilitas stop kontak sehingga penumpang tidak khawatir kehabisan daya untuk ponselnya di tengah jalan.
source: http://dolanotomotif.com/2014/12/21/akhirnya-naik-kereta-setelah-sekian-lama-ekonomi-ac-gajahwong-jakarta-yogyakarta/

5. Mudah Bersosialisasi

Dengan posisi duduk yang saling berhadapan dan berdekatan, memungkinkan para penumpang untuk saling berkomunikasi satu sama lain. Selain menambah teman, bersosialisasi seperti ini bisa dimanfaatkan untuk para traveller memperoleh informasi dari orang lain, terutama jika mereka adalah penduduk asli lokasi tujuan.
source: http://jalan2.com/forum/topic/16683-tipe-penumpang-paling-menyebalkan-di-perjalanan-pernah-bertemu/

6. Petugas Kebersihan

Kadang kita sering melihat sampah di tempat duduk yang akan ditempati, biasanya sampah penumpang sebelumnya yang sengaja ditinggalkan atau berserakan di lantai. Jangan khawatir, ada petugas kebersihan yang akan membersihkan sampah-sampah tanpa kita perlu membuangnya sembarangan lewat jendela.
source: https://pasangmata.detik.com/contribution/56226

7. Pemandangan Alam

Kereta api memiliki lintasan sendiri dibandingkan angkutan umum darat lainnya. Kereta api seringkali melintasi tempat-tempat dengan pemandangan alam yang menarik untuk dilihat. Terkadang kereta api memasuki lorong gelap, melintasi jembatan di atas sungai yang luas, atau melintasi tebing di daerah pegunungan. Bayangkan saja Minasan sedang berwisata dengan kereta api ala Harry Potter. Menakjubkan, bukan?
source: http://www.ourbigfattraveladventure.com/2014/08/31/dancing-ben-nevis-searching-hogwarts-express/
Itulah ketujuh alasan kenapa kereta api lebih disukai sebagai alat transportasi darat dibanding transportasi lainnya. Meskipun dengan naik kereta api pasti memperoleh tempat duduk, pastikan untuk duduk di kursi yang sudah tertera di tiket. Jangan sampai Minasan duduk di kursi yang dikhususkan untuk penumpang cacat dan lansia, ya.