Tanaman Stevia

Tanaman dengan nama Latin "Stevia rebaudiana" berasal dari negara Paraguay dan Brazil, di mana para penduduknya lebih dari 1.500 tahun yang lalu menggunakannya sebagai pemanis. Meskipun sudah digunakan sejak lama, penggunaan stevia sebagai pemanis baru ditemukan pada tahun 1887 oleh ahli botani dari Swiss Dr. Moises Santiago Bertoni dan mulai diperkenalkan sebagai pemanis.
source: http://www.chidrinks.com/stevia-natural-freedom-from-sugar-calories/
Bertoni menamakan genus "baru" Stevia untuk menghormati seorang kimiawan Paraguay yang bernama Rebaudi yang kemudian menjadi yang pertama untuk ekstrak tanaman manis konstituen. "Ketika berada di mulut dengan partikel terkecil dari setiap bagian dari daun atau ranting," tulis Bertoni, "satu hal yang mengejutkan berasal di rasa manis yang aneh dan ekstrim yang terkandung di dalamnya. Sebuah fragmen dari daun hanya beberapa milimeter persegi dalam ukuran sudah cukup untuk menjaga mulut terasa manis selama satu jam; beberapa daun kecil cukup untuk mempermanis secangkir kopi atau teh yang kuat."
source: http://www.stevia.net/history.htm

Kandungan Kalori pada Stevia

Percaya atau tidak, beberapa tulisan menyebutkan bahwa gula stevia tidak memiliki kalori sama sekali atau zero calorie. Sehingga gula stevia dianggap aman untuk penderita diabetes, obesitas, atau Minasan yang sedang dalam program diet sekalipun.
source: http://bodyecology.com/sugar-substitute-stevia-liquid-concentrate.html#sns_tab_products2
Menurut Ir. Dewi RN MP dalam situs Kandha Raharja menyebutkan bahwa ekstrak Stevia telah terbukti bermanfaat membantu program diet, digunakan juga untuk mereka yang mempunyai penyakit diabetes disamping itu juga dapat membantu keindahan kulit serta berperanan dalam mengatur tekanan darah. Sari dari daun stevia yang berperan sebagai pengganti gula ini, sangat cocok untuk dicampur dengan teh atau kopi serta dapat juga dicampurkan ke dalam masakan yang kita makan setiap hari.
source: http://familyherbal.net/stevia-randahkan-kalori-pengganti-gula/

Cara Mengkonsumsi

Karena memiliki tingkat kemanisan yang sangat tinggi, yaitu sekitar 200-300 kali dari gula biasa, cukup menggunakan gula stevia seujung sendok teh untuk satu cangkir teh atau kopi. Akan tetapi, jika menggunakannya terlalu banyak, Minasan akan merasakan pahit dari gula stevia. Hal ini disebabkan adanya glikosida Steviol, senyawa dalam tanaman stevia, yang mampu mengaktifkan reseptor pahit pada lidah manusia sehingga penggunaan terlalu banyak dapat menimbulkan rasa pahit di lidah.
source: http://leavingbio.net/the%20senses_files/the%20senses.htm
Takaran penggunaan stevia dapat disesuaikan dengan volume pemakaian gula konvensional. Untuk 1 sendok teh gula pasir sama dengan 2-3 tetes cairan stevia atau 1/4 sendok teh bubuk stevia.
source: http://www.beritasatu.com/food-travel/89247-takaran-menggunakan-pemanis-stevia.html
Steviol glikosida mengaktifkan dua reseptor pahit di lidah manusia dan ini memunculkan sensasi rasa pahit di mulut. - Anne Brockhoff
source: http://www.wzw.tum.de/index.php?id=185&L=1&tx_ttnews%5Btt_news%5D=390

Gula Stevia dalam Produk Minuman

Pemanis stevia ini rupanya juga digunakan oleh dua minuman soda populer, yaitu Coca Cola Life dan Pepsi True. Kedua minuman ini hadir dengan kemasan berwarna hijau dan mengklaim bahwa minuman soda mereka lebih rendah kalori dibanding produk sebelumnya.
source: http://www.beritasatu.com/ekonomi/214549-coca-cola-pepsi-kompak-luncurkan-minuman-hijau.html
Pepsi True dikemas dalam kaleng hijau dan paket berisi 12 kaleng. Coca-Cola Life dijual dalam kemasan kaleng dan botol dengan label hijau. Pepsi mengklaim minuman stevia miliknya memiliki kandungan gula 30% lebih rendah dari Pepsi reguler dan tidak mengandung pemanis buatan. Coca Cola mengatakan Life mengandung 60 kalori, 35% lebih rendah dari minuman soda lainnya.
source: http://www.beritasatu.com/ekonomi/214549-coca-cola-pepsi-kompak-luncurkan-minuman-hijau.html
Sayangnya, kedua produk ini belum dijual secara bebas di Indonesia. Minasan harus memesannya melalui Amazon.com.

Gula Stevia Putih

Minasan bisa juga membelinya dalam produk yang sudah dikemas dan dijual bebas di pasaran. Akan tetapi, Minasan wajib berhati-hati, karena umumnya yang sudah memiliki label sendiri menjual stevia yang sudah melewati proses pemutihan sehingga warnanya putih seperti gula halus. Ada banyak alasan kenapa Minasan harus menghindari stevia putih. Alasan yang masuk akal adalah adanya proses pemutihan yang melibatkan kandungan dextrose yang berfungsi mengurangi rasa manis yang kuat pada stevia.
source: http://www.dailymail.co.uk/health/article-2356674/Stevia-First-natural-sugar-substitute-help-fight-obesity-diabetes.html
Namun belum tentu hal itu menyehatkan. Beberapa produk justru mencampurkan erythritol yang merupakan kandungan gula alkohol dan juga dextrose, kandungan gula yang diambil dari saripati beras, jagung dan juga roti. Tentunya hal ini belum tentu menyehatkan, karena kandungan manis pada stevia dicampurkan dengan kandungan manis dari erythritol dan dextrose dan justru akan mengangu kesehatan Anda.
source: http://1health.beritasatu.com/id/article/detail/stevia-benarkah-aman-sebagai-pengganti-gula-221.html

Produksi Sendiri

Untuk mengantisipasi, Minasan bisa juga membuatnya sendiri. Hasilnya tentu lebih baik dan aman dibandingkan yang sudah dicampur pemanis buatan lain. Ada dua variasi pemanis stevia yang dihasilkan sendiri, yaitu dalam bentuk serbuk hijau dan bentuk cair. Untuk membuat bubuk stevia, setelah proses pencucian dan dijemur di bawah sinar matahari, Minasan bisa menggunakan grinder dan saring serbuk hasil grinder untuk mendapatkan bubuk stevia hijau yang lebih halus.
Sedangkan untuk membuat pemanis stevia cair, gunakan bubuk stevia sebelumnya untuk dilarutkan pada air matang. Setelah itu saring dengan alat yang terbuat dari stainless. Untuk proses ini, Minasan sebaiknya tidak memeras bubuk stevia terlalu keras hingga kering karena akan membuat cairan pemanis stevia menjadi pahit. Untuk lebih jelasnya, simak pembuatannya melalui video berikut.
youtube:Z-tXUzgLFjk
source: https://www.youtube.com/watch?v=Z-tXUzgLFjk
How to Make Your Own Pure Stevia and Liquid Stevia