Fotografi merupakan salah satu hobi paling seru. Kamu bisa menangkap suatu ekspresi dan momen yang sering kali terlewatkan oleh keterbatasan pandangan mata kita. Tapi, mempelajari teknik fotografi bisa menjadi challenge tersendiri untuk para pemula karena dibutuhkan pengalaman yang cukup lama untuk dapat menghasilkan foto yang bagus. Nah, tapi kamu bisa mencoba tips fotografi berikut ini yang simple dan mudah untuk beginner.
 
Exposure Triangle

You know, pencahayaan merupakan salah satu elemen terpenting dalam fotografi. Hasil foto pasti akan terlihat lebih bagus jika pencahayaannya baik. Karena itu, kamu perlu mengetahui basic rule fotografi mengenai tiga faktor pencahayaan.
 
  • Aperture – Ukuran besarnya lensa kamera yang terbuka, biasanya ditandai dengan ukuran f/2, f/5, f/11, dll. Semakin kecil angkanya, semakin besar aperture kamera terbuka, dan semakin besar aperture-nya, semakin banyak juga cahaya yang masuk. Oh iya, besarnya aperture juga memengaruhi ketajaman foto lho, misalnya membuat background menjadi blur.
  • Shutter Speed – mengacu pada berapa lama shutter kamera terbuka, biasanya ditandai dalam format 1/200 sec, 1/60 sec, 5 sec, etc. Semakin lambat shutter-nya, semakin banyak cahaya yang masuk. Shutter speed juga memengaruhi sensitivitas kamera pada gerakan lho. Semakin cepat settingan speed-nya, maka kamu bisa menangkap gerakan cepat dengan lebih jelas.
  • ISO – seberapa sensitif sensor kamera menangkap cahaya, biasanya hadir dalam format 100 ISO, 400 ISO, 6400 ISO, dll. ISO yang tinggi dapat mengambil gambar dalam ruangan yang gelap, tapi ISO yang tinggi juga dapat menimbulkan noise (titik-titik pada foto) yang lebih banyak.

The Rule of Thirds
source: https://www.adwaithshine.com/

Selanjutnya, kamu bisa mulai memperhatikan komposisi foto saat mengambil gambar agar hasil fotomu terlihat lebih professional. Nah, dalam dunia fotografi, the rule of third harus selalu kamu ingat ketika membidik gambar, Beautynesian. The rule of third adalah trik untuk membagi objek foto menjadi tiga bagian menggunakan dua garis vertikal dan dua garis horizontal, kemudian letakkan objek foto yang ingin kamu highlight pada 4 titik pertemuan agar komposisi fotonya pas. FYI, hampir semua fotografer menggunakan teknik ini lho untuk mendapatkan komposisi foto yang bagus.
 

Picture Perspective
source: http://www.scarymommy.com/

Jangan takut untuk mencoba berbagai angle ketika mengambil gambar, Beautynesian. Misalnya saja low angle akan terlihat lebih bagus untuk mengambil foto anak kecil dibandingkan high angle karena posisi kamera yang dibuat sejajar dengan subjek. Karena itu, ketika meng-capture suatu objek, cobalah bereksperimen dengan menggunakan berbagai macam angle hingga kamu menemukan angle yang pas.

Photo Editing
Editing foto ternyata bisa memberikan hasil akhir yang berbeda untuk fotomu lho. Photo editor bisa menjadikan warna foto semakin terang, tajam dan juga mengoreksi warna yang terlihat kurang bagus di foto. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan elemen-elemen lain pada foto seperti filter atau sentuhan pop art pada fotomu.
 
Pemilihan Kamera yang Tepat
Terakhir, pemilihan kamera juga penting lho dalam fotografi because a good camera can produce better pictures. Kamera digital tentunya dapat menghasilkan foto yang lebih bagus dibandingkan smartphone karena fitur kameranya yang lebih lengkap serta kualitas pixel kamera yang lebih besar. Nah, buat kamu yang baru belajar fotografi, kamera mirrorless bisa menjadi kamera idealmu karena settingan kamera yang lebih mudah dan desainnya yang lebih compact.
 
Kamu bisa mencoba kamera Panasonic Lumix GF9 dengan fitur 4K Photo yang dapat digunakan pengguna untuk mengambil 8MP JPEG dari rekaman video 4K 30fps, jadi kamu tidak akan melewatkan momen-momen unik ketika mengambil foto, terutama ketika mengambil foto objek yang bergerak. Selain itu, ada juga Focusing Features yang dapat memudahkanmu memilih titik fokus saat mengambil foto.
 

FYI, kamera ini juga sudah dilengkapi dengan fitur-fitur editing lho seperti Post Focus, Color Reproduction, dan Beauty Retouch yang bisa memudahkanmu mengedit foto yang telah kamu ambil. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot mengedit fotomu lagi di laptop karena kamu sudah bisa mengeditnya di kamera. Sangat simple bukan? Desain kameranya juga sangat elegan dan hadir dengan berbagai pilihan warna yang menarik seperti oranye, hitam, dan pink. Jadi, warna mana yang paling kamu suka?