Jerawat yang muncul pada kulit wajah bisa disebabkan oleh berbagai hal, beberapa diantaranya yaitu karena produk skin care ataupun kosmetik yang kamu gunakan. Tapi, tahukah kamu bahwa skin care dengan bahan aktif juga bisa menyebabkan kulitmu berjerawat sebelum akhirnya sembuh dan bersih kembali?

Reaksi ini umum juga dikenal dengan istilah purging. Berbeda dengan jerawat biasa, reaksi purging pada kulit justru sebenarnya hal yang tidak perlu kamu khawatirkan lho, Ladies. Karena itu, sebaiknya kamu  jangan panik dulu ketika wajah breakout akibat hasil penggunaan skin care dengan bahan aktif, seperti AHA atau BHA misalnya.


Kenapa Kulit Bisa Mengalami Purging?


Purging terjadi ketika skin care yang kamu gunakan mempercepat pergantian sel kulit. Hal ini menyebabkan komedo terangkat ke permukaan dan membentuk jerawat lebih cepat. Dengan kata lain, jerawat yang belum terbentuk akan “dipaksa” keluar lebih cepat. Perlu kamu tahu, tidak semua skin care bisa membuat kulitmu mengalami reaksi purging. Purging umumnya terjadi akibat penggunaan skin care dengan bahan aktif yang bisa mempercepat pergantian sel kulit, seperti retinoid atau hydroxy acid (AHA dan BHA).
 

source: https://unsplash.com/@stilclassics


Ini Bedanya Jerawat Purging dan Jerawat Biasa


Pertanyaan selanjutnya, apakah jerawat yang muncul merupakan reaksi purging atau jerawat biasa yang menandakan kulitmu tidak cocok dengan skin care tersebut? Purging hanya muncul di tempat dengan pori-pori tersumbat dan berkomedo. Dengan kata lain, purging akan muncul di tempat kamu biasa berjerawat. Jika tiba-tiba wajah breakout di tempat yang tidak biasanya berjerawat, maka bisa jadi reaksi tersebut bukanlah purging.

Kedua, purging bertahan sekitar 4 hingga 6 minggu, sesuai siklus pergantian sel kulit. Jika jerawat terus muncul hingga melebihi jangka waktu tersebut, maka bisa dipastikan itu bukan jerawat hasil reaksi purging.

source: https://www.pexels.com/u/seeracreative/
baca juga


Bagaimana Mengobati Purging?


Jangan panik jika ternyata kulitmu terbukti mengalami reaksi ini. Saat purging, sesungguhnya tidak ada yang bisa kamu lakukan. Tetap rawat kulitmu seperti biasa dan ketahuilah bahwa di akhir masa purging, kulitmu akan jauh lebih baik dari sebelumnya. 

source: https://unsplash.com/@pablopunk