Manfaat Madu Untuk Kulit Berjerawat

Madu merupakan sumber makanan alami yang punya beragam manfaat untuk tubuh dan kulit. Madu mengandung antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas yang bisa menimbulkan penuaan dini. Selain itu, kandungan nutrisi dan vitamin yang lengkap dalam madu sangat bagus untuk menjaga kesehatan dan kesegaran kulit. 

source: https://www.goodground.com

Buat kamu yang bermasalah dengan jerawat, madu mengandung antiseptik dan antibakterial sehingga sangat bagus untuk mematikan bakteri pada kulit berjerawat. Kulit berjerawat biasanya erat pula kaitannya dengan masalah kulit berminyak.

Nah, madu ternyata juga punya kemampuan yang sangat baik sebagai oil control, lho. Pada kulit berminyak, madu bisa mencegah munculnya minyak berlebih tanpa membuat kulit jadi terlalu kering. Sebaliknya untuk kulit kering, madu justru bisa melembapkan. 

 

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membersihkan Wajah Dengan Madu

Sebelum memakai madu untuk membersihkan wajah, kamu harus memastikan kalau madu yang kamu pakai adalah raw honey atau madu mentah. Madu mentah punya kandungan nutrisi yang jauh lebih tinggi dibandingkan madu yang sudah melalui proses di pabrik. Selain itu, raw honey juga tidak mengandung bahan pengawet sehingga aman dan tidak akan menimbulkan iritasi pada kulit.

source: https://lydioutloud.com

Selain jenis madu yang digunakan, kamu juga harus tahu kalau madu tidak bisa membersihkan make up secara sempurna. Karena itu, pastikan kamu sudah membersihkan make up dengan make up remover sebelum memakai madu untuk membersihkan wajah. Jangan sampai sisa make up pada wajah yang tidak terangkat akan menyumbat pori-pori dan menimbulkan berbagai masalah untuk kulit. 

 

baca juga

Cara Membersihkan Wajah Dengan Madu

Selama ini, madu sering dimanfaatkan sebagai skin care dengan cara dipakai sebagai masker. Tapi tahu nggak? Ternyata madu juga bisa dimanfaatkan sebagai pengganti facial wash, lho. Cara membersihkan wajah dengan madu juga gampang, kamu cukup memakainya seperti facial wash biasa.

source: http://thescienceofeating.com

Pertama, basahkan wajah kamu dengan air, kemudian ambil 1/4 sendok madu dan beri sedikit air untuk membuatnya lebih encer. Usapkan madu pada wajah dengan perlahan sambil dipijat secara lembut. Supaya nutrisinya terserap dengan baik, diamkan madu pada wajah selama 1 menit. Setelah itu, basuh wajah dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih.