Percaya atau tidak, platform media sosial memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan industri kecantikan hingga bisa sebesar saat ini. Misalnya saja suatu produk yang baru saja launching bisa langsung menjadi viral karena ada beauty influencer yang memberikan review tentang produk tersebut di channel YouTube atau Instagram mereka. Karena itu, product review video sekarang memiliki peran yang penting dan sedang banyak diminati oleh para beauty enthusiast. Nah, kamu juga bisa kok be a part of the community dan membuat video review milik kamu sendiri. Buat kamu yang ingin mulai mencoba membuat video review, ini dia hal yang perlu kamu perhatikan untuk bisa menghasilkan video dengan kualitas yang bagus.
 
Buat Script Sebelum Mulai Syuting
First thing first, buat script tentang apa saja yang ingin kamu katakan di video review. Hal ini bisa mempermudahkanmu ketika take video agar kamu tidak perlu syuting berulang kali karena a slip of the tongue.


Mulai Rekam Dari Saat Unboxing
source: https://www.instagram.com/thelipstickmafiaaa

Beberapa wanita sangat memerhatikan packaging ketika ingin membeli suatu produk. Karena itu, kamu bisa mulai video review-mu dengan unboxing atau membuka kotak produk yang baru kamu beli untuk memberikan gambaran tentang packaging produk tersebut. Di sini kamu bisa fokuskan kamera pada produk yang ingin kamu review.
 

Swatch Warna Produk Makeup-nya
source: https://www.instagram.com/thelipstickmafiaaa/

Jika kamu membuat video review tentang produk makeup seperti foundation, lipstick, eyeshadow atau jenis makeup lainnya yang memiliki shade warna, sebaiknya swatch terlebih dahulu makeup yang ingin kamu review. Kamu bisa menggunakan punggung tangan atau lenganmu untuk swatch warna produknya. Again, swatch ini dimaksudkan agar para viewer dapat melihat warna produknya karena terkadang warna produknya terlihat berbeda ketika diaplikasikan langsung ke wajah, mata, atau bibir.
 

Aplikasikan Langsung Produknya dan Berikan Opini Pribadimu Tentang Produknya
source: https://www.youtube.com/watch?v=FTT7TWt64gU

And this will be the highlight of the video. Sekarang saatnya kamu aplikasikan langsung dan merasakan sendiri produknya di wajahmu. Jangan lupa juga untuk memberikan opinimu tentang produknya ketika kamu mengaplikasikannya. Kamu bisa mengomentari tentang tekstur, warna, coverage atau pigmentasi produknya.
 

Menggunakan Shooting Equipment yang Memadai
source: https://www.instagram.com/thelipstickmafiaaa/

Salah satu kunci untuk mendapatkan video review dengan kualitas bagus adalah equipment yang memadai. Untuk syuting video review, at least kamu harus memiliki lighting, tripod, dan juga high quality camera. Nah, untuk rekomendasi kameranya, kamu bisa mencoba kamera mirrorless Panasonic Lumic GF9.
 
Kamera dari Panasonic ini memang dikenal sangat cocok untuk vlogging karena teknologi 4K Video Resolution di dalamnya dapat menghasilkan kualitas gambar video Full HD dan Full-time DFD AF sehingga dapat menghasilkan video dengan warna yang lebih tajam dan nyata. Jadi, kameranya dapat merepresentasikan warna makeup-nya lebih jelas dibandingkan kamera biasa.

FYI, beauty influencer Hellua atau yang juga dikenal sebagai TheLipstickMafia juga menggunakan kamera Panasonic Lumix GF9 untuk filming video review makeup, terutama lipstick karena kualitas kamera videonya yang bagus. You know, TheLipstickMafia terkenal karena hasil video dan foto review lipstick dan makeup-nya terlihat sangat real dan bening. Ternyata rahasianya selama ini adalah kamera Panasonic Lumix GF9, ladies.
 

Oh iya, kamera ini ternyata juga dilengkapi dengan 180 degree Tilt LCD lho, jadi kamu bisa melihat dirimu saat direkam. Dengan berbagai pilihan warna kamera yang catchy seperti pink, oranye, dan hitam, kamera mirrorless Panasonic Lumix GF9 ini bisa menjadi salah satu pilihan kamera vlogging terbaik.


Edit Video
Terakhir, jangan lupa untuk mengedit video-mu. Kamu bisa menambahkan backsound, efek video, atau teks agar hasil akhir video-mu lebih menarik. Yuk coba sekarang, Beautynesian!