Coba deh kamu buka galeri handphone-mu dan lihat berapa banyak foto selfie yang kamu punya. Our guess, kamu mungkin memiliki ratusan koleksi foto selfie tersimpan, tapi selfie yang kamu anggap oke pasti hanya dapat dihitung jari. Yes, we all do the same thing, ladies. Kita pasti mengambil ratusan foto saat selfie sampai kita mendapatkan foto terbaik. Sebab, untuk bisa mendapatkan foto selfie yang keren dan cantik itu tidak mudah. Karena itu, beautynesia.id punya tips agar hasil selfie-mu terlihat lebih bagus.

Perhatikan Lighting
source: https://id.pinterest.com/

The first rule of selfie yang harus selalu kamu ingat adalah selalu perhatikan lighting. Kamu tidak mau kan wajahmu terlihat lebih gelap hanya karena kurang pencahayaan? That’s why, selalu perhatikan pencahayaan setiap kali kamu ingin foto selfie ya. And a little tips, coba cari pencahayaan natural dari matahari karena cahaya matahari bisa menyamarkan mata panda dan bayangan di wajah lho.
 

Hindari Bayangan Pada Wajah
source: https://br.pinterest.com/

Bayangan di wajah yang tertangkap kamera saat selfie tentunya akan merusak hasil selfie-mu. Bayangan ini bisa saja membentuk ilusi kantung mata yang terlihat besar dan gelap, serta hiperpigmentasi atau kulit yang belang. Sebaiknya, hindari sorotan lighting yang berada tepat atas kepalamu dan cobalah keluar ruangan saat golden hour ketika sunset atau sunrise untuk mendapatkan lighting yang bagus.
 

Latih Ekspresi Wajah
source: https://id.pinterest.com/

Ladies, hindari ekspresi wajah yang terlalu kaku atau senyum yang terlihat memaksa saat selfie. Cobalah untuk melakukan ‘pemanasan’ di depan kaca atau menggunakan front camera agar ekspresi wajahmu tidak terlalu kaku. Kamu juga bisa menarik nafas ketika menekan shutter untuk mendapatkan ekspresi yang lebih rileks karena ekspresi wajahmu terlihat lebih rileks saat menarik napas. Trik lainnya, kamu juga bisa menutup matamu sebelum foto dan membukanya tepat sebelum kamu menekan shutter agar ekspresimu terlihat lebih rileks.
 

Ambil Foto Selfie yang Banyak
source: http://selfieez.me/

It’s not a sin to take a lot of selfies. Tidak ada salahnya kok kamu mengambil banyak stok foto walaupun nantinya hanya akan beberapa foto yang bisa lolos screening. Kylie Jenner saja pernah mengaku kalau ia mengambil sekitar 500 foto selfie sebelum memilih satu foto terbaiknya. Jadi, jangan ragu untuk mengambil banyak foto selfie dengan berbagai jenis angle berbeda sampai kamu menemukan foto terbaikmu.
 

Ketahui Angle yang Cocok untuk Bentuk Wajahmu
source: https://id.pinterest.com/

Menemukan angle foto yang cocok untuk wajahmu itu sangat penting ketika mengambil selfie, Beautynesian. Angle is everything in selfie. Pro tips, coba ambil foto dengan posisi kamera sejajar dengan pandangan mata dan sedikit angkat dagumu ke atas dengan menonjolkan sisi kiri wajamu. Sebuah penelitian menyebutkan, sisi kiri wajah merupakan angle yang paling flattering untuk selfie. So, chin up and rock your left cheek!
 

Gunakan High Quality Camera
source: https://www.instagram.com/kyliejenner/

Terakhir, tools foto yang kamu gunakan juga bisa menjadi game changer lho. Kualitas foto dari kamera digital tentunya berbeda dengan hasil foto dari kamera handphone VGA. Karena itu, kualitas foto selfie-mu juga ditentukan oleh kamera yang kamu gunakan. Untuk selfie, kamera mirrorless bisa menjadi pilihan kamera selfie terbaik karena resolusinya yang tinggi dan bobotnya yang ringan untuk digenggam. Kamu bisa berinvestasi pada kamera Panasonic Lumix GF9 misalnya yang terkenal sebagai kamera mirrorless terbaik untuk selfie.
 

Kamera ini dilengkapi dengan teknologi 4K Photo Selfie untuk mengambil foto selfie 8 MP JPEG dari rekaman video 4K 30fps, serta tilt up LCD untuk memudahkan melihat wajahmu saat selfie. Selain itu, Panasonic Lumix GF9 juga memiliki fitur selfie canggih lainnya lho seperti Self Shot Mode (background control, slimming mode, soft skin mode, filter choice, dll.) untuk mengatur selfie agar lebih sempurna, Hands-Free Selfie untuk mengambil foto otomatis tanpa perlu menekan shutter, serta Beauty Retouch untuk mengedit hasil fotomu agar wajahmu terlihat lebih flawless. In short, kamera ini cocok sekali buat kamu yang hobi selfie.
 
Canggihnya lagi, Panasonic Lumix GF9 juga memiliki teknologi 4K Video yang dapat mengasilkan video berkualitas tinggi lho, jadi cocok juga untuk kamu yang ingin mulai vlogging. Plus, kameranya juga memiliki desain yang compact dan ringan untuk dibawa, serta hadir dalam berbagai pilihan warna kamera yang menarik seperti pink, oranye, dan hitam. Jadi, kamu bisa bebas memilih warna sesuai yang kamu suka.