1. Manny Varsity


Namanya mungkin asing di telinga kalian. Tapi di Korea, nama Manny melonjak seiring dengan popularitas boyband VARSITY. Manny tidak berasal dari Korea. Meski banyak fans mengira ia merupakan orang Malaysia saat terungkap sebagai pemeluk Islam, nyatanya Manny adalah keturunan Turki. Lebih tepatnya ras Uyghurs, sebutan untuk keturunan Turki yang tinggal di Tiongkok. Nah, Manny berasal dari Tiongkok yang disebut wilayah Xinjiang Uyghur Autonomous.

source: https://www.soompi.com

Kabar bahwa Manny merupakan seorang pemeluk agama Islam terungkap dari video pengakuannya viral. Dalam video tersebut, para anggota VARSITY termasuk Manny mendapat wawancara saat sedang ingin sarapan. Mereka mengaku ingin sekali makan kimchi stew yang mengandung daging babi.

Namun mereka mengungkapkan tidak bisa memakannya karena Manny tidak mengonsumsi babi. Klarifikasi, Manny dengan tegas mengatakan bahwa dirinya pemeluk Islam. Para member lainnya sudah mengerti dan menjelaskan bahwa biasanya Manny mengonsumsi telur. Meski bukan artis mualaf, namun kabar tersebut mengejutkan dunia K-Pop!

 

2. Ayana Moon



Mungkin artis mualaf Korea yang paling dipuja publik adalah Ayana Moon. Siapa sangka sebelum terkenal dengan gaya hijabnya, Ayana Moon merupakan anggota girlband 5Dolls yang tentunya sering tampil seksi. 5Dolls merupakan sebuah grup yang digawangi 7 wanita cantik. Ayana adalah salah satunya. Ayana yang mengejutkan banyak pihak akhirnya angkat suara untuk memberi penjelasan atas keputusannya bermualaf dan memakai hijab. Dirinya mengaku tertarik pada Islam sejak SMA.

Ia mulai mempelajari agam Islam dari internet. Ayana juga sempat mengikuti summer camp selama 3 hari yang diadakan oleh komunitas Korea. Setelahnya, Ayana belajar Islam lebih banyak dari mentor yang ia sebut Uncle Amin. Dari Uncle Amin, Ayana memantapkan diri mempelajari Islam hingga resmi pindah agama hingga hari ini. 
source: https://journal.sociolla.com

Keputusan Ayana mengundang kontroversi, karena komunitas muslim di Korea belum besar serta belum banyak wanita berhijab di sana. Keputusan tersebut dinilai berani karena dari keluarganya sendiri, hanya Ayana yang memeluk agama Islam juga karena citra Islam buruk di mata orang-orang Korea.

Gadis 20 tahun ini sekarang melanjutkan kuliah di Malaysia. Ia berharap apa yang ia lakukan dapat menginspirasi orang muslim Korea untuk speak up dan tidak takut dengan penilaian orang lain. Wah, inspiratif sekali, ya! 

 

baca juga

3. Breanna Youn


Breanna Youn terkenal bukan karena ia seorang artis mualaf atau publik figur. Breanna hanyalah seorang gadis kecil biasa yang tinggal dengan orang tuanya di Busan. Ia terkenal lewat video-video yang diunggah oleh ibunya di akun Instagram pribadi Breanna dan menjadi selebgram Korea dengan 1,2 juta followers.

Padahal umurnya saat ini baru menginjak usia 7 tahun. Karena banyaknya penggemar dari Timur Tengah dan Breanna diundang oleh seorang warga Dubai yang kaya raya. Cukup dua minggu perjalanan liburan ke Dubai, Breanna dan keluarga kemudian menjadi mualaf. Ibunya bahkan mulai mengenakan hijab. Beberapa foto di Instagram Breanna dihiasi dengan foto Breanna yang mengenakan hijab. Lucu, ya?

source: http://www.koreaboo.com