Simple Alcohol

Jenis alkohol pertama yang bisa kamu temukan dalam berbagai jenis produk kecantikan adalah simple alcohol. Simple alcohol seringkali ditambahkan ke dalam produk kecantikan untuk membuat tekstur produk jadi lebih ringan sehingga membantu penyerapan bahan lain ke dalam kulit.

Selain itu, simple alcohol juga dimanfaatkan untuk membuat dua atau lebih kandungan menjadi lebih menyatu. Pada daftar komposisi, simple alcohol biasanya ditulis dengan nama SD Alcohol, Alcohol Denatured, Alcohol Denat atau hanya ditulis Alcohol saja.

source: http://vivaglammagazine.com

Simple alcohol sudah dinyatakan aman dipakai sebagai bahan tambahan dalam produk kecantikan, termasuk produk pembersih wajah. Meskipun begitu, buat kamu yang punya kulit kering dan sensitif tetap harus berhati-hati saat memakai produk dengan kandungan simple alcohol di dalamnya ya. Jika dipakai dengan kandungan yang cukup tinggi, simple alcohol tetap bisa membuat kulit jadi dehidrasi hingga iritasi.

 

Fatty Alcohol

Berkebalikan dengan simple alcohol, fatty alcohol justru bagus untuk kulit karena bisa menahan kelembapan pada kulit. Fatty alcohol punya tekstur yang lebih rich dan umumnya ditambahkan pada produk kecantikan dalam bentuk cream. Pada daftar komposisi, kamu bisa menemukan kandungan fatty alcohol dengan beragam nama, mulai dari Cetearyl Alcohol, Stearyl Alcohol, Isostearyl Alcohol, dan lain sebagainya.

source: https://beauty.onehowto.com

Lalu aman nggak sih fatty alcohol dipakai untuk membersihkan wajah? Yap, fatty alcohol sangat aman dipakai pada wajah, termasuk fatty alcohol yang terkandung dalam produk pembersih wajahmu. Fatty alcohol bukan cuma aman untuk kulit berminyak dan normal saja, lho. Buat kamu yang berkulit kering dan sensitif, fatty alcohol justru bisa membantu mempertahankan kelembapan kulit.

 

<baca juga>

Rubbing Alcohol

Jenis alkohol terakhir yang juga mudah untuk ditemukan sehari-hari adalah rubbing alcohol. Jenis alkohol ini umumnya dijual bebas di apotek dengan kadar alkohol beragam. Rubbing alcohol punya fungsi sebagai antiseptik pada luka serta membantu mensterilkan berbagai benda.

source: https://www.healthxchange.sg

Kandungan rubbing alcohol sangat keras untuk kulit, jadi sudah bisa dipastikan kalau rubbing alcohol tidak boleh dipakai untuk membersihkan wajah. Kalau kamu tetap nekat memakai rubbing alcohol untuk membersihkan wajah, maka kulit kamu akan iritasi dan mengalami dehidrasi hebat. Karena itu, jangan sekali-kali memakai rubbing alcohol untuk membersihkan muka ya.