Terkadang kalau sedang makan di restoran dan makanan yang dipesan ternyata memiliki visual yang cantik, kita pasti tidak tahan untuk ingin mengambil foto makanannya. Agree?  Nah, untuk bisa menunjukkan foto makanan yang lebih tempting dan real, pemilihan angle yang tepat sangat penting untuk food photography lho. Buat kamu yang masih bingung dan masih suka ‘asal jepret’ foto makanan, yuk ketahui angle foto yang paling bagus untuk food photography!
 
Head-on-Zen
source: https://samjohnsonphotography.files.wordpress.com/

Beberapa jenis makanan terkadang terlihat lebih tempting jika dilihat dari sisi samping. Agar kamu bisa menonjolkan detail samping atau layer makanan tersebut, sebaiknya gunakan angle kamera Head-on-Zen dengan meletakkan kamera sejajar dengan bagian samping makananmu. Angle kamera ini bisa membuat subyek foto menjadi centre of attention lho. Sedikit tips, sebisa mungkin minimalisir background dan properti agar foto terlihat lebih terfokus ke makananmu.
 
source: http://everybody-loves-to-eat.tumblr.com/


 


Up Above
source: http://www.lifehack.org/

Nah, kalau angle satu ini paling sering digunakan untuk foto makanan lho, ladies. Angle foto dari atas ini bisa menangkap bagian atas makanan dan menunjukkan what’s inside your plate, cup, and bowls dengan lebih jelas dan mendetail. Untuk mengambil foto ini, kamu hanya perlu shoot makananmu dari atas ke bawah lurus 90 derajat.
 

Above With Perspective
source: https://id.pinterest.com/

Untuk mengambil angle ini, posisikan kameramu di depan makananmu dan sedikit miringkan kameramu agar lensa kameramu dapat menangkap seluruh bagian makanan. Angle ini dapat menjaga komposisi grafik yang dinamis yang akan mengajak mata untuk melihat foto makanan dari bagian bawah ke atas (background).
 
source: http://savory-food.tumblr.com/

 

Diagonal
source: https://id.pinterest.com/

Selanjutnya, jika piring makananmu berbentuk memanjang, kamu bisa bermain dengan angle diagonal, Beautynesian. Posisikan kameramu hingga subjek makananmu terlihat diagonal, dengan bagian ujung piring berakhir di sudut yang berbeda. Angle ini juga akan memberikan variasi pada foto makananmu agar tidak monoton.
 

Close Up
source: http://artfoods.net/

Terakhir, angle close up juga bisa kamu coba untuk mengambil foto makananmu. Angle ini dapat menangkap detail makananmu dengan lebih jelas dan fokus pada bagian makanan yang ingin kamu highlight, entah itu saus pasta yang kamu suka atau lelehan strawberry jam pada cake favoritmu. So, don’t be afraid to be closer to your food, ladies!
 
source: https://id.pinterest.com

Bottom Line
So, Beautynesian, itu dia kelima angle kamera yang bisa kamu terapkan untuk food photography. Kamu bisa mulai coba bermain dengan kameramu dan mencari angle yang paling bagus untuk menu makanan yang kamu pesan, atau makanan yang kamu masak sendiri. Oh iya, selain angle, pemilihan kamera yang bagus juga sangat penting lho untuk menciptakan hasil foto makanan yang lebih nyata dan bisa merepresentasikan warna makanan dengan jelas seperti warna aslinya. You know, warna dari makanan bisa meningkatkan selera makan. Karena itu, gunakan kamera yang high quality ya, Beautynesian, seperti kamera Panasonic Lumix GF9.
 
Kamera terbaru dari rangkaian Lumix ini memiliki fitur Post Focus & Focus Stacking yang bisa memudahkanmu menentukan titik fokus setelah mengambil gambar. Jadi, kamu bisa memilih bagian makanan yang ingin kamu highlight, sehingga foto makanan terlihat lebih jelas. Kemudian, Panasonic Lumix GF9 juga menggunakan teknologi 4K Photo yang dapat memproduksi foto dengan hasil high resolution dan warna gambar yang lebih nyata. Jadi, kamera ini sangat cocok digunakan untuk food photography.
 

Selain itu, Panasonic Lumix GF9 juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik lainnya lho, seperti 4K Video untuk merekam video dengan kualitas high-res, serta fitur Self Shot Modes, yaitu fitur canggih untuk selfie. Asyiknya lagi, kamera Panasonic Lumix GF9 memiliki desain kamera yang compact, elegan, dan ringan untuk dibawa traveling lho, sehingga bisa kamu gunakan untuk foto kuliner dari berbagai daerah ketika kamu traveling. Plus, kamera ini tersedia dalam beberapa pilihan warna menarik seperti pink, oranye, dan hitam yang sangat catchy untuk dibawa kemana-mana dan bisa kamu gunakan sebagai pelengkap fashion.