Berbagai hal mengenai jerawat sebenarnya tidak seperti mayoritas kepercayaan orang. Mencuci wajah sering-sering untuk mengangkat minyak sebenarnya malah tidak boleh dilakukan. Selain itu, kamu yang berjerawat juga boleh kok memakai make up! Apa lagi mitos jerawat yang selama ini masih banyak menjadi salah paham? Ini dia faktanya!


Jerawat Hanya Muncul Pada Remaja


Mitos jerawat satu ini sangat salah! Jerawat juga bisa muncul pada kulit orang dewasa dan lebih sering muncul pada wanita dewasa dibanding pria dewasa. Kebanyakan jerawat yang muncul pad aorang dewasa diakibatkan oleh faktor hormonal, yaitu hormon estrogen pada wanita. Hormon ini akan meningkat saat memasuki masa pubertas dan menjelang menopause, serta mempengaruhi produksi minyak. Hal inilah yang menyebabkan jerawat juga bisa menyerang orang dewasa.

Tips: Tetap jaga kebersihan kulit dan gunakan skin care yang diperlukan walaupun kamu sudah melewati usia remaja.
 

source: https://www.pexels.com/


Coklat Bisa Menimbulkan Jerawat


Kamu yang berjerawat tidak perlu takut untuk makan makanan manis ini. Memang ada hubungan antara pola makan dengan jerawat, tetapi coklat tidak otomatis menjadi pemicu jerawat yang bisa kamu salahkan.Beberapa yang perlu kamu batasi konsumsinya karena bisa mempengaruhi jerawat yaitu makanan dengan indeks glikemik yang tinggi dan karbohidrat olahan, seperti makanan manis, roti, dan pasta.

Tips: Bukannya kamu tidak boleh makan sama sekali, tetapi batasi jumlah makanan yang kamu makan ya!
 

source: https://www.pexels.com/
baca juga


Jerawat Hanya Berhubungan dengan Masalah Kebersihan, Karena itu Kamu Perlu Rajin Mencuci Wajah


Jerawat tidak semata-mata berhubungan dengan kebersihan, dan kamu yang mengalami masalah jerawat pada kulit wajah tidak perlu mencuci wajah hingga 4 sampai 5 kali sehari. Faktanya, mencuci wajah terlalu sering justru malah bisa membuar kulit kering dan dehidrasi, sehingga kulit memproduksi minyak lagi dan malah menyumbat pori serta menyebabkan jerawat semakin parah.

Tips: Cuci wajah secukupnya, dan jangan lupa menggunakan moisturozer aar kelembapan kulit terjaga, karena kulit yang lembap akan memproduksi minyak lebih sedikit pada wajah.
 

source: https://www.pexels.com/


Tidak Boleh Memakai Make Up Saat Sedang Berjerawat


Penggunaan beberapa bahan pada permukaan kulit terbukti bisa menyumbat pori da membuat jerawat semakin parah. Tapi ternyata make up yang tepat justru bisa lho kamu gunakan untuk menutup dan meningkatkan kondisi kulitmu yang berjerawat. Kamu dengan masalah jerawat di wajah bisa memilih make up yang berbasis mineral dengan komposisi seperti silica, titanium oxide, dan zinc oxide. Selain itu kamu juga disarankan menggunakan foundation dalam bentuk powder yang bisa menyerap minyak pada wajah.

Tips: Jangan lupa membersihkan wajah secara menyeluruh setelah kamu memakai make up, agar tidak ada kotoran dan sisa kosmetik yang menempel pada wajah.
 

source: https://www.pexels.com/