Hindari Memberikan Tip
Di Indonesia, banyak orang yang memberikan tip setelah selesai makan di sebuah restoran. Entah dengan meninggalkan uang pada meja atau memberikan uang kembalian sebagai tip. Jika kamu terbiasa melakukan hal tersebut di Indonesia, jangan sampai kamu melakukannya di Jepang ya. Di sana, memberikan tip bisa dianggap sebagai sikap merendahkan para pramusaji. Bukannya senang, mereka justru akan menganggap kamu melecehkan pekerjaan mereka.
source: http://wahospitality.org/blog/lessons-in-no-tipping/


Jangan Duduk di Kursi Prioritas Meskipun Kosong
Buat kamu yang suka naik transportasi umum seperti KRL atau bis umum, pasti sering melihat kursi prioritas yang berada di sudut kendaraan. Jika di Indonesia, kursi prioritas yang kosong pasti akan langsung diduduki siapa saja. Namun jangan sampai kamu melakukan hal yang sama di Jepang ya. Negara seperti Jepang dan Singapura mengharamkan siapa pun untuk duduk di kursi prioritas kecuali untuk mereka yang berhak.
source: http://howibecametexan.com/
baca juga


Berdiri pada Jalur yang Salah di Eskalator
Di Indonesia, tidak ada peraturan untuk berdiri di sebelah mana pun saat naik eskalator. Berbeda dengan di Jepang, kamu harus berdiri pada posisi yang tepat untuk membedakan mana orang yang sedang terburu-buru dan mana yang sedang tidak terburu-buru. Apabila kamu berada di Tokyo, Yokohama, Kyoto, Hokkaido, atau Fukuoka, maka eskalator di jalur kiri bisa dipakai untuk orang tidak terburu-buru. Namun jika kamu berada di Osaka, Kobe, dan Sendai, jalur sebelah kanan lah yang diperuntukkan untuk orang yang tidak terburu-buru. Jadi, jangan sampai kamu salah dan dapat pandangan tidak menyenangkan dari masyarakat Jepang ya.
source: http://www.quest-for-japan.com/


Selalu Ingat Untuk Melepas dan Menggunakan Sandal Kamar Mandi
Kalau kamu hendak ke kamar mandi di Jepang, jangan lupa untuk menggunakan sandal kamar mandi. Setelah itu, pastikan kamu melepasnya dan mengembalikan ke tempat semula dengan rapi. Meskipun hal ini bisa dibilang cukup simpel, tapi bagi orang Jepang hal tersebut cukup penting dan harus dilakukan. Jadi cobalah untuk mengingatnya ketika hendak pergi ke kamar mandi di Jepang.
source: https://www.japan-guide.com/


Nah, itu dia 4 hal yang tidak boleh dilakukan di Jepang! Pastikan kamu mengingat hal-hal tersebut ketika hendak liburan ke sana ya. Tentunya akan sangat berarti bagi orang Jepang jika kamu bisa menghargai kebudayaan di sana. Selain itu, kamu tentunya jadi bisa mempelajari berbagai perbedaan kebudayaan antara Jepang dan Indonesia.