Perhatikan Faktor Cuaca


Tips pernikahan outdoor yang pertama adalah kamu harus memperhatikan cuaca. Hindari mengadakan pernikahan outdoor saat musim hujan. Turunnya hujan memang tidak bisa ditebak, terutama di daerah dataran tinggi. Tapi paling tidak kamu sudah berjaga-jaga dengan tidak mengadakan pesta pada bulan-bulan di musim penghujan. 

Hujan yang turun akan membuat acara menjadi tidak kondusif, terutama kalau acara kamu harus mundur karena turunnya hujan. Walaupun pernikahan outdoor di bawah rintikan hujan bisa juga terlihat indah, tapi kamu tentunya enggak mau kan kalau hal itu terjadi di luar rencana?

source: https://venuelust.com



Pilih Kostum yang Tepat


Jika ingin mengadakan  pesta pernikahan outdoor, busana juga menjadi hal yang penting untuk kamu perhatikan. Busana pengantin biasanya dibuat sangat glamour, tapi untuk pernikahan outdoor kamu lebih baik memilih busana yang lebih simple. Gaya minimalis tidak akan mengurangi kecantikan kamu sebagai pengantin kok!

Selain busana untuk pengantin dan keluarganya, kostum untuk para tamu undangan juga harus diperhatikan, lho. Terkadang tamu undangan tidak mengerti bagaimana venue yang akan mereka datangi. Jadi, kamu sebaiknya langsung menentukan dress code agar para tamu undangan tidak salah kostum.

Dress code tidak perlu dibuat terlalu spesifik, agar para tamu juga tidak merasa kesulitan. Cukup beri anjuran untuk tidak memakai high heels atau saran untuk memakai pakaian yang cukup tebal jika acara diadakan pada malam hari di alam terbuka.

source: http://www.instyle.com
baca juga



Sesuaikan Dekorasi Dengan Venue dan Waktu Pelaksanaan


Berbeda tempat dan waktu, tentu saja berbeda juga dekorasi yang akan digunakan. Dekorasi untuk pesta outdoor biasanya dibuat lebih simple. Kamu bisa memanfaatkan apa saja yang ada di sekitar venue, salah satunya adalah pohon-pohon yang ada. Tempat yang lebih luas juga memungkinkan kamu untuk bisa menentukan lebih dari satu spot untuk photo booth, lho.

Waktu pelaksaan juga harus menjadi pertimbangan untuk menyesuaikan dekorasi. Seperti saat kamu ingin mengadakan pesta dari sore ke malam hari, artinya kamu membutuhkan lampu untuk penerangan. Lampu di pesta pernikahan outdoor bisa kamu rangkai sedemikian rupa agar menjadi dekorasi yang indah. 

Masih berkaitan dengan dekorasi, penataan meja untuk tamu juga harus kamu perhatikan. Misalnya kamu mengadakan acara di siang hari, usahakan tempat duduk tamu tidak menghadap sinar matahari agar mereka tetap merasa nyaman. 

source: https://www.insideweddings.com



Antisipasi Serangga dan Alergi


Pernikahan outdoor diadakan di tempat yang menyatu dengan alam terbuka. Terdapat beberapa hal yang perlu kamu waspadai ketika mengadakan pesta di tempat seperti ini. Pertama, kamu harus waspada dengan hadirnya serangga. Kamu harus mendiskusikan dengan pihak wedding organizer dan menemukan cara untuk meminimalisir serangga yang datang. Kalau kesulitan menghadang kehadiran para serangga, kamu bisa memakai dan juga menyediakan lotion anti nyamuk untuk para tamu.

Selanjutnya, untuk kamu yang mempunyai alergi dengan udara dingin atau udara panas, sebaiknya juga harus mempersiapkan diri. Jangan lupa minum obat anti alergi sebelum acara di mulai agar tidak terganggu dengan rasa gatal saat jalannya acara.

source: https://id.pinterest.com/explore/forest-wedding/?lp=true
baca juga



Jangan Lupa Siapkan Plan B


Bukan hanya plan B, kamu bahkan harus menyiapkan plan C dan seterusnya. Jika ingin pestamu berjalan lancar, kamu harus selalu membuat rencana cadangan. Ketika mengadakan pesta outdoor, akan ada banyak hal yang tidak mungkin dihindari seperti faktor alam. Ditambah lagi adanya pemanasan global yang membuat cuaca semakin sulit diprediksi.

source: https://www.buzzfeed.com



Itu dia 5 tips pernikahan untuk kamu yang ingin menikah di lokasi outdoor. Jangan sampai kamu lewatkan jika ingin pestamu berjalan lancar, ya. Selamat mempersiapkan pernikahan, Beautynesian!