1. Penyebab Munculnya Uban

Terdapat faktor eksternal dan internal yang memicu tumbuhnya uban. Terkadang munculnya uban tidak hanya dipengaruhi oleh faktor usia.
source: http://imgbuddy.com/melanin-hair.asp
Munculnya rambut uban diakibatkan proses penuaan dimana aktivitas sel melanosit (produsen pigmen) juga ikut menurun secara bertahap. Beberapa faktor eksternal yang dapat memicu rambut menjadi uban antara lain merokok atau penggunaan cat rambut, yang merangsang pembentukan hidrogen peroksida sehingga sintesis eumelanin menjadi terganggu. Eumelanin ialah jenis melanin yang berwarna coklat-hitam, sedangkan feomelanin berwarna pirang. Faktor internal lain yang berkaitan dengan tumbuhnya uban lebih awal ialah genetik.
source: http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/biomedik/article/view/1201
source: http://www.wehotflash.com/stunning-gray-hair-styles-for-women/
Melanin diproduksi sel melanosit dalam folikel (kantong tempat tumbuhnya rambut). Para peneliti menemukan bahwa melanosit bertahan dari kerusakan kumulatif selama bertahun-tahun yang akhirnya membuat melanosit tidak mampu memproduksi melanin. Penelitian telah menyebutkan kerusakan DNA dan penumpukan hidrogen peroksida dalam folikel sebagai kemungkinan penyebab gangguan dalam produksi melanin. Tanpa melanin, rambut baru yang tumbuh tidak memiliki pigmen sehingga membuatnya tampak abu-abu, putih, atau perak.
source: http://meetdoctor.com/article/penyebab-tumbuhnya-rambut-uban

2. Risiko Mencabut Uban

Para pakar sepakat bahwa mencabut uban memiliki efek yang buruk bagi kesehatan.
source: http://drarpitajain.com/plucking-grey-hair/
Dokter Nina Amelia Gunawan dari Meetdoctor.com menjelaskan, munculnya uban memang akan mengurangi kepercayaan diri seseorang, namun mencabutnya, sangatlah berbahaya dan mengganggu kesehatan kulit kepala. Apabila dicabut, dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala, perih dan gatal-gatal.
source: http://m.life.viva.co.id/news/read/583493-ini-bahaya-sering-mencabut-uban
source: http://www.glamcheck.com/health/2012/01/02/trichotillomania/
Menurut Cunnane Phillips, seorang ahli kesehatan rambut dari Philip Kingsley Clinic di New York, mencabut uban sama sekali tidak memiliki manfaat. Apabila ada uban yang harus dihilangkan, maka cabutlah dengan hati-hati. Mencabut uban dapat melukai folikel dan melukai folikel secara berulang sangatlah tidak baik.
source: http://www.huffingtonpost.com/2012/10/09/plucking-grey-hair-cause-grow-myth_n_1946534.html

3. Mitos Tentang Uban

Mitos yang mengatakan bahwa mencabut uban akan memperbanyak uban ternyata tidaklah benar. Proses pencabutan uban secara berulang justru berpotensi menghentikan produksi rambut.
source: https://www.pinterest.com/pin/119415827595404672/
Setiap helai rambut di kulit kepala dihasilkan dari satu folikel. Sangat jarang terjadi satu folikel menghasilkan lebih dari satu helai rambut dan kasus seperti ini cenderung diakibatkan oleh kondisi kulit kepala. Tetapi, pada rambut yang sehat, setiap folikel hanya dapat menghasilkan satu helai rambut saja. Mencabut uban hanya akan menghilangkannya untuk sementara karena uban tersebut akan tumbuh kembali. Namun uban tidak akan dapat bertambah karena satu folikel rambut hanya bisa menumbuhkan satu rambut saja.
source: http://www.menshairblog.com/plucking-pulling-grey-hair-myth-grow-extra/
source: http://www.wehotflash.com/stunning-gray-hair-styles-for-women/
Pakar kesehatan rambut Sandra Gilman memperingatkan bahaya yang bisa diakibatkan oleh pencabutan uban. Apabila rambut terus-menerus dicabut, folikel akan menyusut dan berhenti memproduksi rambut sehingga pada akhirnya menimbulkan kebotakan.
source: http://www.huffingtonpost.com/2012/10/09/plucking-grey-hair-cause-grow-myth_n_1946534.html
Uban yang muncul sebaiknya memang tidak dicabut karena bisa merusak folikel, saraf-saraf dan juga akar rambut. Jika akar rambut ini rusak nantinya dapat memicu terjadinya infeksi. Selain itu kebiasaan mencabut uban juga bisa membuat rambut menjadi tipis dan menyebabkan rambut uban akan terlihat lebih banyak meskipun sebenarnya jumlah uban yang muncul di rambut itu tetap.
source: http://health.detik.com/read/2010/11/02/153412/1482841/766/kenapa-rambut-uban-tidak-boleh-dicabut

4. Mencegah Uban

Meskipun tidak ada cara permanen untuk menghilangkan uban, kemunculan uban tetap dapat dicegah diantaranya adalah melalui konsumsi makanan bernutrisi.
source: http://www.awomenshub.com/vitamin-b-complex-food-sources-list/
Studi menunjukkan bahwa salah satu penyebab timbulnya uban adalah kurangnya konsumsi vitamin B. Cunnane Phillips meyakini bahwa makanan yang sehat dapat memberi nutrisi bagi rambut sebagaimana makanan tersebut menutrisi tubuh. Pemberian nutrisi dapat difokuskan pada asupan protein saat sarapan dan makan siang. Selain itu, dianjurkan agar tubuh tidak mengalami dehidrasi dan pilihlah makanan ringan yang sehat seperti yoghurt, kacang dan buah-buahan.
source: http://www.huffingtonpost.com/2013/12/16/gray-hair-care_n_4440519.html
Mengkonsumsi tembaga dapat menjaga produksi melanin rambut.
source: http://www.necturajuice.com/manfaat-dan-makanan-yang-mengandung-tembaga/
Linus Pauling Institute melaporkan, kekurangan tembaga dalam tubuh berhubungan dengan timbulnya uban. Tembaga merupakan zat gizi penting untuk pembentukan melanin, sumber warna rambut. Makanan sumber tembaga yang baik yaitu cokelat hitam, hati sapi, biji bunga matahari, kacang mede, lentil, jamur, selai kacang, dan almond.
source: http://health.kompas.com/read/2013/08/01/1459368/Makanan.Pencegah.Timbulnya.Uban
Selain melalui asupan gizi yang baik, uban juga dapat dicegah dengan menghindari kebiasaan merokok.
source: http://bitedental.com.au/the-link-between-smoking-and-oral-health
Menurut sebuah studi di jurnal Science News, perokok memiliki kemungkinan 4 kali lebih besar memiliki rambut beruban terlepas dari berapa pun usia mereka. Merokok memicu bahaya radikal bebas yang dapat merusak sel warna di dalam folikel rambut. Lebih buruk lagi, merokok dapat mengakibatkan kerontokan.
source: http://www.tesh.com/story/health-and-well-being-category/true-or-false-smoking-causes-gray-hair/cc/6/id/4357

5. Proses Alami

Pencegahan terhadap munculnya uban memang mungkin untuk dilakukan. Tetapi pada dasarnya, uban itu sendiri merupakan proses alami yang akan terjadi pada hampir semua orang.
source: http://vancouvermobilehairstylist.com/gracefully-going-grey-or-how-to-reclaim-your-natural-grey-hair/
Dermatolog dr Farmanina Santoso menjelaskan pertumbuhan rambut terbagi dalam tiga fase, yakni fase pertumbuhan atau anagen yang membutuhkan waktu 2-6 tahun. Selanjutnya fase kotagen selama 3-6 minggu. Kemudian fase telogen, yaitu masa ketika rambut telah tumbuh dan terus memanjang hingga akhirnya rontok. Setelah melewati fase ketiga ini, rambut memulai kembali fase pertumbuhannya dari tahap pertama tadi. Rambut secara alami akan melalui proses perontokan. Uban juga lama-kelamaan akan rontok. Jadi, biarkan saja rambut berproses secara alami dan jangan pernah dipaksa rontok dengan mencabutnya.
source: http://www.makarizo.co.id/web/tips-rambut/604/bahaya-mencabut-uban
source: http://globe-views.com/dreams/grandmother.html