Menstrual cup adalah sebuah benda yang dapat menampung darah menstruasi pengganti pembalut dan tampon yang sudah lebih dulu digunakan para wanita. Namun, seperti halnya tampon, menstrual cup belum begitu populer di Indonesia. Lalu apa saja sih keuntungan memakai menstrual cup dibanding pembalut dan tampon?



Ramah Lingkungan


Menstrual cup terbuat dari 100% silikon berstandar medis yang ramah lingkungan. Teksturnya yang lembut dan fleksibel dapat dilipat menjadi bentuk yang lebih kecil dan dapat dimasukkan ke dalam vagina seperti tampon non-aplikator. Menstrual cup akan terbuka secara otomatis dalam vagina, membentuk suatu segel yang lembut di dinding vagina.

Cara kerja menstrual cup ialah menampung darah menstruasi, bukan menyerap seperti pembalut dan tampon pada umumnya. Dengan begitu, menstrual cup dapat dibersihkan dan dipakai berulang kali hingga jangka waktu 10 tahun. Tentunya kamu bisa menjaga lingkungan dengan memakai menstrual cup karena kamu tidak perlu membuat limbah dari sampah-sampah pembalut seperti yang saat ini kamu lakukan. 

source: https://www.stayathomemum.com.au
<baca juga>



Tubuh Menjadi Sehat


Mungkin melihat menstrual cup membuatmu merasa ngeri jika membayangkan akan memasukkannya ke dalam vagina. Tapi, coba buang jauh-jauh rasa ngeri tersebut karena menstrual cup akan membuatmu merasa lebih sehat dan nyaman. Tidak seperti pembalut dan tampon, dengan memakai menstrual cup kamu bisa tetap bebas bergerak dan melakukan aktivitas.

Bahkan kamu masih bisa berenang saat memakai menstrual cup karena benda tersebut tidak akan menghambat aliran darah menstruasi. Selain itu, menstrual cup tidak akan membuat vagina kering dan mengubah pH vagina. Menstrual cup juga tidak mengandung bahan kimia yang dapat membahayakan tubuh seperti pembalut dan tampon, lho!

source: https://www.rodalesorganiclife.com



Lebih Ekonomis


Walaupun pada saat pembelian pertama kamu harus mengeluarkan banyak uang untuk sebuah menstrual cup, namun menstrual cup dinilai lebih ekonomis daripada pembalut maupun tampon. Menstrual cup diklaim 20 kali lebih murah daripada pembalut dan tampon dalam jangka waktu pemakaian 3-5 tahun. So, kalau kamu memakai menstrual cup, kamu bisa menghemat uangmu untuk keperluan lain atau bisa ditabung.

source: https://www.bantennews.co.id
<baca juga>



Berbagai Bentuk dan Ukuran


Yap, seperti halnya tampon dan pembalut, menstrual cup juga memiliki berbagai ukuran dan bentuk yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu. Bahkan, pilihan bentuk dan ukuran menstrual cup juga tersedia untuk wanita yang pernah melahirkan secara cesar dan normal, lho.

Selain itu, umur juga berpengaruh terhadap ukuran dan bentuk menstrual cup. Seiring bertambahnya usia, pinggul wanita melebar secara alami, otot vagina mengendur dan kehilangan elastisitasnya. Untuk wanita yang otot vaginanya mulai mengendur, disarankan untuk memilih ukuran menstrual cup yang lebih besar.

source: https://medium.com