Langkah Pertama : Cuci Tangan

Sebagai langkah awal memakai menstrual cup, cuci tanganmu dengan sabun dan air hingga tanganmu bersih.Jika ini adalah pertama kalinya kamu menggunakan menstrual cup, kamu bisa melumasinya dengan air atau pelumas berbasis air untuk mempermudah memasukkannya ke dalam vagina

source: http://menstrualcup.co


 

Langkah Kedua : Ratakan Menstrual Cup

Setelah tanganmu bersih, kamu bisa meratakan menstrual cup di antara ibu jari dan jari lainnya. Menstrual cup yang sudah rata bisa memudahkan kamu saat melipatnya nanti. 

source: http://menstrualcup.co


 

<baca juga>

Langkah Ketiga : Lipat Menstrual Cup


Setelah menstrual cup diratakan, lipat menjadi dua bagian dengan tangan yang lainnya sehingga tekukan akan membentuk huruf C. Pegang menstrual cup dengan tangan yang kamu rasa paling nyaman. Bagian yang terlipat menghadap ke bagian dalam tanganmu. Tetap pegang menstrual cup dalam posisi terlipat dan bersiap untuk memasukkannya ke dalam vagina.

source: http://menstrualcup.co


 

Langkah Keempat : Bersiap Memasukkan

Nah, ini bagian paling penting. Bersiap memasukkan menstrual cup ke dalam vagina. Rentangkan kedua kakimu, buka perlahan dan pisahkan labia dengan jarimu. Arahkan ujung menstrual cup yang terlipat dengan menghadapkan ujung berbentuk “u” terlebih dahulu ke arah vagina.

source: http://menstrualcup.co


 

<baca juga>

Langkah Kelima : Memasukkan Menstrual Cup


Saat ujung menstrual cup sudah masuk ke dalam vagina, cup akan mulai membuka lipatannya secara otomatis. Kamu hanya perlu mendorong sedikit menstrual cup dengan jari hingga seluruh cup masuk ke dalam, termasuk gagang cup. Tidak perlu ditempatkan terlalu tinggi, cukup memposisikan bagian bawah cup kurang lebih setengah jari dari tempat memasukkan cup. Posisi menstrual cup yang benar berada di area bawah vagina, namun melebihi tulang panggul.

source: http://menstrualcup.co


 

Langkah Keenam : Putar Menstrual Cup


Jangan senang dulu saat menstrual cup masuk ke dalam vagina. Kamu perlu sedikit usaha lagi agar menstrual cup benar-benar fit in di dalam vagina dan membuatmu nyaman. Caranya, cubit perlahan bagian dasar menstrual cup dan coba putar ke arah kanan dan kiri dengan tujuan untuk memastikan bahwa menstrual cup telah terbuka sepenuhnya untuk menghindari kebocoran.

Ingat, ladies, yang diputar adalah bagian dasar bukan bagian gagang menstrual cup. Cara lain untuk memastikan menstrual cup sudah terbuka sepenuhnya adalah kamu dapat meraba permukaan bawah menstrual cup dengan jari. 

source: http://menstrualcup.co


 

Mengeluarkan Menstrual Cup

Nah, jika kamu sudah mahir memasang menstrual cup dengan benar, apakah kamu yakin bisa mengeluarkan menstrual cup dengan tepat? 

Untuk mengeluarkan menstrual cup, jangan lupa cuci tanganmu hingga bersih dan steril. Lemaskan ototmu, rentangkan kedua kaki, pisahkan labia dengan tangan yang tidak aktif seperti misalnya tangan kiri. Lakukan gerakan mengejan (ngeden) seperti saat akan membuang air besar. Mengejan mampu mendorong keluar menstrual cup dari dalam vagina. Lepaskan segel menstrual cup dengan mencubit bagian bawah cup sampai terasa segelnya terlepas dan goyangkan cup ke arah kiri dan kanan sambil menariknya ke bawah.

Saat menarik keluar menstrual cup, pastikan kamu memegang dan menarik cupnya juga, tidak hanya menarik bagian gagang menstrual cup saja. Hal ini untuk mencegah isi di dalam menstrual cup tumpah berserakan. Setelah berhasil dikeluarkan, buang isinya ke dalam wastafel, toilet, bathub, atau tempat lain yang pantas dan aman.

source: http://www.rebelcircus.com