1. Jaim (Jaga Image)

Alasan pria susah move on yang pertama adalah karena para pria cenderung jaim atau jaga image dan menutup-nutupi perasaannya. Nyatanya nih tidak hanya wanita yang punya rasa patah hati, pria juga kok. Bahkan pria sebenarnya lebih sulit menghadapi patah hati. Namun, karena sifat pria yang dari pembawaanya harus selalu kelihatan kuat, tegar dan jauh dari kata galau maka pria akan menutupi rasa patah hati, marah dan sedihnya.

Berbeda dengan wanita yang biasanya memilih cara move on dengan meluapkan semua perasaan tersebut dengan menangis, pria paling gengsi jika mengeluarkan air mata. Oleh karena itu hal tersebut justru membuat pria bisa lebih stres dan akhirnya malah susah move on. 
 

source: http://www.care2.com/


 

2. Trauma

Alasan pria susah move on berikutnya adalah adanya rasa trauma. Seorang pria juga bisa mengalami yang namanya trauma pasca putus terlebih jika pihak wanita yang memutuskannya. Bisa saja si wanita memutuskan pria ini karena ada hal-hal yang dirasa kurang dari si pria hingga akhirnya menyebabkan pria tersebut kehilangan percaya diri. Rasa trauma seperti ini akan membuat pria juga sulit memulai hubungan baru dan akhirnya benar-benar terjadi yang namanya susah move on dari bayang-bayang mantan. 
 

source: https://www.popular-world.com/


 

baca juga

3. Tidak Punya Teman Curhat

Berbeda dengan wanita yang ketika putus bisa langsung curhat kepada teman-temannya sebagai salah satu cara move on, seorang pria yang pada dasarnya jaim tadi memilih untuk berdiam diri dan memendam semuanya sendiri. Selain karena memang sifatnya yang susah untuk berbagi masalah pribadi, pria bisa juga tidak mempunyai teman curhat seperti layaknya wanita.

Mungkin selama ini orang yang dianggap paling dekat adalah pasangannya, namun ketika pasangannya memutuskan untuk pergi maka pria akan merasa kesepian dan bingung harus bercerita pada siapa hingga akhirnya kesulitan untuk move on. Pria juga merasa curhat kepada teman sesama pria akan dinilai sebagai pria cengeng dan tidak tegar. 
 

source: http://www.jurnalcowok.com/


 

4. Sulit Memulai Hubungan Baru

Memulai hubungan baru tidak semudah membalikkan telapak tangan, mungkin ada yang pernah berpendapat demikian? Ketika seorang pria ada yang baru saja putus namun sudah mendapat pengganti yang baru, justru hal seperti ini harus diwaspadai. Karena, bisa jadi sosok yang baru ini adalah pelariannya semata untuk menutupi rasa sedih pasca putus.

Pria akan berusaha menunjukkan pada mantan bahwa mereka baik-baik saja. Pada dasarnya, pria membutuhkan waktu yang lama untuk merasa nyaman seperti saat ia bersama mantannya. Selain itu, pria sebagai sosok calon kepala keluarga dituntut untuk mengambil keputusan yang tepat terutama dalam memilih pasangan.

Oleh karena itu, pria juga cenderung berhati-hati untuk memulai sebuah hubungan yang baru dengan berbagai pertimbangan yang matang agar kegagalannya tidak terulang kembali. 
 

source: https://www.vemale.com/


 

baca juga

5. Kehilangan Tempat Bersandar dan Baru Menyadari Arti Kehadirannya Setelah Putus

Alasan pria susah move on juga bisa terjadi karena pria baru menyadari arti kehadiran pasangan setelah putus dan betapa ia sangat membutuhkannya sebagai tempat bersandar. Kenyataannya memang bukan hanya wanita, tapi pria juga membutuhkan tempat bersandar, tempat menceritakan segala suka maupun duka karena pria bukan orang yang mudah bercerita kepada siapa saja.

Ia akan memilih sesorang yang terdekat dan ia percayai, yaitu pasangan. Setelah putus pria akan sadar arti penting hadirnya mantan dan hal ini bakalan susah membuat mereka move on, Beautynesian. 
 

source: https://www.femina.co.id/


 

6. Belum Ingin Berpisah dengan Mantan

Jika pihak wanita yang memutuskan bisa jadi si pria sebaliknya belum ingin berpisah. Rasa seperti ini juga bisa menjadi alasan pria susah move on lho! Bagaimana tidak, jika hubungan yang sudah jelas-jelas berakhir tidak pria akui dan justru pria tersebut sering stalking tentang kehidupan mantan setelah berpisah terlebih lagi jika perpisahan tersebut tanpa alasan yang tepat. 
 

source: http://cewekbanget.grid.id/


 

7. Perasaan Bersalah

Ketika penyebab putusnya hubungan karena kesalahan yang dilakukan si pria pastinya akan ada perasaan bersalah yang nantinya juga menjadi alasan pria susah move on. Berdamai dengan keadaan dan mencoba untuk memaafkan diri sendiri terlebih dahulu mungkin salah satu cara move on yang tepat. Jika semua sudah pria lakukan, pasti tidak akan ada alasan pria susah move on lagi deh.
 

source: https://kelascinta.com/