Warna yang Berubah

Salah satu cara mengenali ciri kosmetik kadaluarsa adalah dengan perhatikan warna dari kosmetik yang mulai berubah. Seperti pada face powders misalnya, masa pemakaian pada produk ini  biasanya tidak sampai dua tahun. Nah, jika produk ini dalam masa kadaluarsa kamu bisa perhatikan warna dari face powders yang mulai berubah, dari warna kuning menjadi sedikit keabuan serta bisa juga mengalami berubahan tekstur yang sedikit lembab.
 

source: http://www.tampilcantik.com


 

Teksturnya Berubah

Cara kedua mengenali kosmetik kadaluarsa yang kedua adalah dengan memperhatikan tekstur dari kosmetik yang mengalami perubahan. Misalnya pada produk cair seperti foundation, kamu harus perhatikan kosmetik yang kadaluarsa akan berubah kandungannya yang tadinya memiliki kandungan yang menyatu menjadi terpisah misalnya seperti minyak dan air. Atau sebaliknya yang tadinya memiliki tekstur yang padat berubah menjadi sangat cair.

source: https://res.cloudinary.com


 

baca juga

Muncul Jamur

Satu hal penting yang juga perlu kamu perhatikan adalah pada tutup produknya. Kosmetik yang kadaluarsa akan menimbulkan jamur pada tutupnya. Misalnya pada produk lipstik, kamu harus perhatikan tutup lipstik yang tiba-tiba menimbulkan bau yang aneh serta terlihat ada jamur di dalam tutupnya. Selain itu, jika kamu menggunakan lisptik tersebut juga akan terasa sangat lengket di bibir. hati-hati ya ladies, menggunakan lipstik yang kadaluarsa juga bisa mengakibatkan bibirmu pecah-pecah, timbul kemerahan dan iritasi pada kulit bibir.

source: http://theupcoming.flmedialtd.netdna-cdn.com


 

Timbu Bau yang Tidak Sedap

Kosmetik yang kadaluarsa juga bisa kamu lihat dari aromanya yang menyengat dan tidak sedap di hidung. Misalnya pada produk eyeshadow yang secara tiba-tiba menimbulkan bau yang tidak sedap padahal normalnya produk ini tidak memiliki bau. Tingkat kadaluarsa eyeshadow pun biasanya mampu bertahan satu tahun.

Celakanya jika kamu terlanjut memakai produk kosmetik kadaluarsa dari eyeshadow bisa membawa bakteri pada area mata yang dapat menyebabkan iritasi hingga kebutaan pada mata jika sampai masuk ke dalam pupil. Oleh karenanya mulailah berhati-hati dan memperhatikan kapan waktu kadaluarsa prpduk kosmetik yang kamu miliki ya ladies.

source: http://www.cantiknsehat.com