Perbedaan dari Segi Kain

Perbedaan hijab organza dan organdi yang pertama adalah dari segi kain. Organdi dibuat dengan cara yang sangat mirip dengan organza, hanya saja perbedaannya organdi lebih sering dibuat dengan serat kapas (walau kadang dicampur dengan poliester) sedangkan organza dengan serat sutra. Kain organdi terbagi dalam tiga jenis; organdi yang lembut, semi-kaku, dan yang kaku. Semi-kaku dan lembut lebih banyak digunakan pada pakaian musim panas sedangkan organdi kaku (stiff organdy) banyak ditemukan pada dress dan gorden.
 

source: http://hipwee.com

Sedangkan organza merupakan kain ringan lain yang juga ditenun dengan pola pattern yang sama seperti organdi, yaitu balanced plain weave dengan menggunakan fiber twist yang erat seperti halnya sifon dan organdi. Karena banyak kain organza memiliki kemampuan untuk memantulkan cahaya sehingga membuat kain ini terlihat mengkilap.

 

baca juga

Trend dan Penggunaan

Hijabers, perbedaan organza dan organdi yang kedua adalah soal trend dan penggunaan, saat ini organza yang sedang menjadi trend hijab model terbaru dan terlaris saat ini. Apa sih ciri-ciri organza? Organza memiliki ciri-ciri lebih tebal dari organdi dan glowingnya lebih soft, bahan hijab organza saat ini sedang menjadi bahan hijab primadona bahkan tidak hanya digunakan untuk bahan jilbab tapi juga untuk bahan busana muslim.
 

source: http://www.hipwee.com/

Selanjutnya hijab organdi  hampir mirip dengan organza premium namun lebih tipis, licin dan glowing banget cocok banget buat kamu yang menyukai model hijab mewah atau untuk dipakai pada acara pesta.  Nah, berbicara soal penggunaannya, organdi ataupun organza memang lebih cocok jika digunakan untuk acara-acara formal karena model jilbab yang simple namun elegan akan semakin mempercantik penampilan hijabers tanpa repot atau tidak nyaman ketika dalam suasana pesta.

 

Mix and Match

Perbedaan hijab organza dan organdi selanjutnya adalah dalam hal mix and match. Misalnya saja, hijab organza lebih cocok dipadankan dengan kebaya. Sedangkan hijab organdi cocok dipadankan dengan gamis. Namun, sebenarnya terkait mix and match ini kembali lagi pada selera, warna busana serta bentuk tubuh dan kepribadianmu. Karena fashion selalu dipengaruhi oleh berbagai faktor.
 
source: http://www.hipwee.com/
Hijabers, setelah membaca penjelasan perbedaan hijab organza dan organdi, apa pilihanmu? Atau kamu memilih tetap menggunakan keduanya secara bergantian? Atau sesuai acara? Apapun pilihanmu tetaplah cantik dan anggun dalam fashion dan berhijab!