Untuk Film

SFX makeup adalah singkatan dari special effects makeup, yaitu teknik tata rias yang digunakan untuk mendapatkan efek atau tampilan khusus. Berbeda dengan makeup sehari-hari yang dipakai untuk mempercantik penampilan, SFX makeup memberi hasil yang cukup ekstrim, dari nyeleneh hingga menyeramkan. Maka dari itu, awal mulanya SFX makeup banyak banget digunakan dalam dunia perfilman. Sebut saja Planet of the Apes (1968).

source: http://www.dailymail.co.uk/news/article-2150936/Photos-reveal-Planet-Apes-actors-backstage-1967.html



Dari Unik, Aneh, Hingga Seram

Tentunya kita tak asing dengan adegan orang yang bertambah usia, seperti karakter yang diperankan Brad Pitt dalam The Curious Case of Benjamin Button. Nah, efek itu adalah hasil karya SFX makeup. Bagaimana dengan karakter Legolas yang ganteng di trilogi Lord of The Rings, atau karakter Lord Voldemort dalam seri Harry Potter? Semuanya dicapai lewat SFX makeup!

source: http://www.rockying.com/a/230
baca juga



Butuh Keahlian Khusus

Tak sembarangan orang bisa menjadi SFX makeup artist. Ada beberapa course pembekalan SFX makeup yang dapat ditempuh di sekolah kecantikan dan kosmetologi. Akan tetapi, hal yang paling penting dalam menguasai SFX makeup adalah pengalaman. Banyak SFX makeup artist tenar mengawali karir mereka sebagai asisten, sembari membantu membuat SFX makeup di jurusan seni teater.  

source: http://cytglobal.com/cytblog/cyt-richmonds-makeup-artist-annika-wooton/



Makan Waktu Lama

Banyak yang menyangka, SFX makeup dilakukan di semacam topeng atau kostum yang kemudian hanya perlu dipakai oleh para aktor. Padahal, teknik demikian tak akan terlihat alami. SFX makeup artist mengerjakan special effects langsung di tubuh para aktor dan aktris, sehingga tak jarang mereka membutuhkan waktu lama untuk bersiap sebelum syuting. Sebagai perbandingan, karakter Mystique dalam serial X-Men yang diperankan Rebecca Romijin butuh waktu sembilan jam untuk bersiap. Kostumnya terbuat dari 110 prostetik yang harus ditempelkan satu per satu.

source: http://www.businessinsider.com/jennifer-lawrence-x-men-mystique-makeup-2014-5/?IR=T
baca juga



Nggak Boleh Asal

Banyak yang menyangka bahwa SFX makeup hanya perlu terlihat seram. Padahal, ada banyak pertimbangan saat hendak menempatkan efek darah, luka, maupun efek kotor. Menambahkan efek darah palsu secara asal-asalan tak akan menyeramkan, melainkan hanya aneh dan berantakan.

source: https://www.youtube.com/watch?v=-jKVbJD0rCs