Mengatasi komedo membandel di wajah memang bikin frustrasi. Seperti kata pepatah, mati satu tumbuh seribu, nggak ada habisnya. Masker Naturgo diklaim mengandung lumpur dari Laut Mati yang kaya akan mineral, mampu menyerap minyak dan kotoran dari dalam pori-pori.

Bentuknya seperti lumpur hitam dengan aroma yang cukup wangi. Bila didiamkan, maka masker Naturgo akan mengeras, dan dapat dikelupas. Saat dikelupas, nampak komedo dan sel kulit mati yang menempel di masker. Buat para penggemarnya, inilah ‘bukti’ bahwa masker Naturgo bekerja secara efektif.

source: http://www.nonahikaru.com



Namun bila kamu cek di BPOM, tidak ada produk yang terdaftar atas nama Naturgo, lho. Padahal, semua produk yang beredar di Indonesia wajib terdaftar di BPOM dan memiliki nomor notifikasi BPOM. Selain itu, produk-produk perawatan kulit dari Shiseido memiliki kisaran harga yang cukup tinggi. Mengingat bahwa masker Naturgo dipasarkan dengan harga sangat murah, bahkan di bawah Rp 10.000, kejanggalan ini patut jadi perhatian.
 
Karena asal usul pembuat masker Naturgo belum jelas, maka bahan-bahan dalam masker Naturgo perlu dipertanyakan. Kita tidak bisa memastikan apakah isinya memang bahan-bahan yang sesuai untuk kulit, dan apakah berbahaya untuk kulit dalam jangka panjang.

source: https://alyoshaminded.wordpress.com
<baca juga>



Efek samping masker Naturgo yang pertama dirasakan adalah baunya yang cukup menyengat, seperti parfum. Pemakaian aroma atau pewangi dalam skin care telah banyak diprotes, karena beresiko menimbulkan iritasi dan reaksi alergi dari kulit. Menambahkan pewangi dalam skin care pun tak boleh sembarangan, harus dipilih yang relatif aman dipakai dalam jangka panjang.
 
Efek samping masker Naturgo yang kedua, adalah perihnya kulit saat masker hendak dikelupas. Karena inilah, masker Naturgo sukses mengangkat sel kulit mati dan rambut-rambut halus. Berbeda dengan masker jenis peel off lainnya, ternyata masker ini dapat melekat dengan kuat di kulit, Beautynesian. Bahan apa yang membuatnya demikian belum jelas, dan bukan tidak mungkin menyebabkan iritasi kulit.

source: https://www.bustle.com



Kita tak dapat menilai efek samping masker Naturgo secara keseluruhan dalam waktu singkat. Ada kemungkinan masker ini memiliki dampak negatif, namun mungkin juga tak berdampak apa-apa. Satu hal yang pasti, sebelum jelas asal-usulnya, lebih baik kita cari aman dengan menggunakan produk-produk yang sudah terdaftar di BPOM. Aktif mencari informasi, yuk!

source: https://www.shutterstock.com