Banyaknya jumlah kendaraan dan padatnya penduduk menjadikan jalanan ibukota terasa semakin sesak setiap harinya. Macet pun sudah menjadi makanan sehari-hari di jalan. Tak sedikit juga orang yang memilih untuk menggunakan transportasi umum untuk menghindari kemacetan dan mempercepat perjalanan ke kantor ataupun ke kampus.

Selain harus berhati-hati selama perjalanan, tips naik angkutan umum yang tidak kalah penting yaitu mengetahui jadwal ataupun rute transportasi umum yang akan kamu naiki. Jangan sampai kamu salah naik bus dan malah nyasar hingga ke sisi lain ibukota! Nah untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya kamu mengunduh aplikasi penting mengenai angkutan umum yang ada di Ibukota ini.


Apaja

Aplikasi satu ini sudah diunduh sebanyak kurang lebih 10 ribu kali di Play Store. Untuk kamu yang memiliki ponsel berbasis Android atau iOS, kamu bisa nih cek aplikasi Apaja ini. Apaja menyediakan informasi seputar transportasi umum, seperti kereta, busway, hingga angkutan biasa (termasuk kopaja, metro mini, serta angkot) yang ada di Jakarta. Informasi inipun meliputi rute, tarif, fasilitas (AC, WiFi, dan lainnya), jam operasional, dan masih banyak lagi.
 

source: https://play.google.com/


Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk berinteraksi dengan pengguna lain, dengan cara melaporkan keadaan di stasiun atau halte tempat kamu menunggu secara real time, sehingga kamu bisa mengetahui jika ada antrian panjang atau ada perubahan rute pada angkutan yang ingin kamu tumpangi. Apaja saat ini bisa kamu unduh secara gratis di Play Store ataupun App Store. Info selengkapnya: www.apaja.id.
 

source: https://www.apaja.id/features


 

baca juga


Moovit

Aplikasi satu ini bisa kamu gunakan untuk mengecek rute perjalanan, angkutan yang bisa kamu gunakan, hingga titik transit terdekat yang bisa kamu ambil. Moovit juga menyediakan informasi seputar jadwal dan jurusan dari angkutan umum yang bisa kamu naiki hingga perkiraan waktu perjalanan.
 

source: https://play.google.com/


Selain melalui aplikasi, kamu juga bisa mengecek rute perjalananmu melalui halaman web www.moovitapp.com. Cukup masukkan titik mulai dan tujuan, maka Moovit akan secara otomatis memberikan sugesti rute perjalanan yang bisa kamu tempuh. Aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis di Play Store ataupun App Store.

source: https://moovitapp.com


 

baca juga


Trafi

Terakhir, ada aplikasi Trafi yang tidak kalah lengkap. Mirip seperti Moovit, aplikasi ini juga bisa memberikan sugesti rute yang bisa kamu tempuh dengan berbagai jenis transportasi umum, seperti busway, kereta, bus, hingga angkot. 
 

source: https://play.google.com/


Kamu bisa mencoba menggunakan Trafi melalui halaman web broswer pada tautan www.trafi.com/id/jakarta. Selain memasukkan tujuan untuk mendapatkan rute, kamu juga bisa mengecek jadwal serta titik transir berbagai transportasi umum. Aplikasi Trafi kini tersedia secara gratis di Play Store ataupun App Store.
 

source: https://medium.com/