Sponge
Alat make up pertama yang perlu kamu miliki adalah sponge. Kamu bisa memilih sponge biasa yang berbentuk balok, beauty blender, ataupun air cushion puff, ladies. Sponge ini akan membantu kamu saat mengaplikasikan foundation dna concealer secara merata ke wajah sehingga dapat sangat memudahkan cara memakai make up bagi pemula, lho.
 

source: https://aredlipandanudeshoe.com



Face brush
Selanjutnya kamu perlu memiliki face brush, ladies. Ada 2 jenis face brush yang perlu kamu miliki, yaitu total face brush yang bentuknya besar dan fluffy untuk mengaplikasikan bedak ke seluruh wajah, serta angle face brush yang lebih kecil dengan ujung yang agak miring untuk mengaplikasikan blush dan bronzer, ladies. Yup, 2 is enough for your face!
 

source: https://beautyadviceblog.wordpress.com
<baca juga>
source: https://www.barefacedbeauty.co.uk



Eye brush
Selain face brush, tentunya kamu juga memerlukan eye brush untuk menghasilkan make up mata yang cantik. Sebenarnya kamu hanya memerlukan 1 brush lho, yaitu eyeshadow blending brush dengan ujung yang berbulu padat untuk meratakan warna eyeshadow yang digunakan agar tidak muncul ‘harsh line’ yang bisa membuat make up mata kamu kurang oke. And yeah, kamu bisa menggunakan jari jemari kamu untuk mengaplikasikan eyeshadow ke seluruh kelopak mata. So yeah, one eye brush still can give you a proper eye makeup look, ladies!
 

source: http://www.charlottetilbury.com
<baca juga>



Eyelash Curler
Kamu juga perlu banget memiliki eyelash curler atau penjepit bulu mata, apalagi buat kamu yang bulu matanya ‘hormat’ alias menunduk kebawah, ladies. Alat make up satu ini akan membuat bulu mata menjadi lebih naik dan lentik sehingga mata kamu akan terlihat lebih ‘hidup’, ‘terbuka’ dan segar, lho. Enggak hanya itu, jika kamu memakaikan mascara ke bulu mata yang sebelumnya sudha dijepit, pasti bulu mata kamu akan menjauh jauh lebih badai, ladies!
 

source: https://www.sephora.com



Spoolie
Spoolie atau sikat alis yang bentuknya seperti ulir juga perlu kamu miliki, ladies. Selain bisa menyisir bulu-bulu alis dan meratakan produk alis sehingga membuat alis kamu terlihat lebih natural, spoolie juga bisa digunakan untuk menyisir dan memisahkan bulu mata yang clumpy akibat penggunaan mascara, lho. Yup, you need it in your make up pouch, ladies!
 

source: http://www.sedonalace.com



Q-Tips
Terakhir, kamu perlu banget mempunyai q-tips atau cotton bud, Beautynesian. Cotton bud dan q tips ini mempunyai banyak manfaat dalam beauty routine kamu, lho, mulai dari membersihkan kesalahan make up seperti eyeliner dan mascara secara presisi, mengaplikasikan serum pada bulu mata dan bulu alis, mengaplikasikan lem bulu mata,  mengaplikasikan highlighter pada tear duct, hingga mem-blend eyeshadow, lho. Yup, q-tips are your life saver for your make up routine, ladies!

source: http://www.sheknows.com