Cepol hijab pada dasarnya adalah gulungan rambut yang diikat dan membentuk bulatan pada bagian belakang kepala. Tanpa disadari, keberadaan cepol rambut tidak hanya membuat hijabers merasa sejuk karena tidak terkena helaian rambut, tetapi juga memberi bentuk hijab yang lebih cantik dan proporsional. Namun, kebanyakan hijabers masih belum tahu bagaimana cara membuat cepol yang bagus dan proporsional. Berikut ini adalah beberapa tips menggunakan cepol, khususnya saat akan pergi ke pesta. 


Tips Menggunakan Cepol Saat Pesta


Berbeda dengan tampilan dan bentuk cepol sehari-hari, cepol saat pesta tidak boleh berantakan dengan bentuk yang tidak proporsional. Untuk itu perhatikan hal-hal berikut ini untuk mendapatkan model cepol hijab yang ideal saat menghadiri pesta dan acara penting.

  1. Jika rambutmu panjang, kepang terlebih dahulu, kemudian gulung. Cara ini akan akan membuat cepol hijab kamu semakin ajeg dan rapi saat membentuk lapisan hijab dari dalam.
  2. Cara lain adalah dengan menggunakan hairnet. Apabila rambutmu tidak bisa dikepang dengan baik, kamu dapat menggulungnya, kemudian gunakan hairnet. Cara ini dapat membuat bentuk cepol kam lebih rapi dan proporsional.
  3. Jika rambutmu pendek, gunakan jepit cepol atau ikat rambut cepol. Keduanya dapat membuat rambut kamu terkesan lebih tebal dan berisi sehingga cepol hijab akan terbentuk dengan bagus.
  4. Pastikan cepol kamu tidak terlalu tinggi, cukup sejajar dengan pelipis. Kesalahan para hijabers terbesar adalah saat menggunakan cepol hijab terlalu tinggi. Cepol yang terlalu tinggi akan memberi kesan hijab yang tidak proporsional dan bentuk kepala yang aneh.
  5. Jika kamu menggunakan hijab syar'i, hindari cepol yang terlalu besar. Cepol yang terlalu besar pada hijab syar'i juga akan memberi kesan aneh. Hijabmu juga akan menjadi mudah tersingkap.



Inspirasi Cepol Hijab


Nah, sebagai ilustrasi, kamu dapat mengintip beberapa inspirasi cepol hijab berikut ini :


Cepol Hijab Medina Zein

source: https://www.instagram.com/medinazein/

Medina terlihat anggun dengan cepol pada hijab satin yang digunakan dengan style basic. Ikatan sisi hijab ke belakang juga membuat bahan hijab jatuh lebih cantik dengan adanya cepol.

baca juga


Cepol Hijab Ayu Indriati

source: https://www.instagram.com/ayuindriati/

Tidak perlu berlebihan saat memilih cepol hijab untuk hijab syar'i. Curve dari ikatan rambut dan tumpukan inner hijab sudah cukup membuat kepala kamu terlihat proporsional.



Tutorial Cepol Hijab


Nah, sebagai inspirasi, berikut ini adalah beberapa tutorial cepol hijab yang bisa kamu coba langsung di rumah!

Tutorial Cepol ala Turki

youtube:f9xM5Nz-yXM
source: https://www.youtube.com/watch?v=f9xM5Nz-yXM
Next Accessories | Turkish Hijab Tutorial
baca juga


Tutorial Cepol Hijab ala Hanan Tehaili


Nah, itulah beberapa tips dan tutorial untuk cepol hijab yang bagus dan proporsional. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, ya!