Eyeshadow


Pemilik mata sayu sebaiknya tidak mengaplikasikan eyeshadow mengikuti bentuk mata, terutama dengan gaya smoky eyes. Bentuk eyeshadow yang keliru malah akan menegaskan bentuk mata sayu, lho.

Setelah memulaskan warna dasar di seluruh kelopak mata, buat ilusi mata berbentuk almond dengan memulaskan eyeshadow secara lurus (lihat tanda panah) agar sudut luar mata sedikit lebih tinggi dibanding aslinya. Beri sedikit eyeshadow di bawah mata, melengkung mengikuti bentuk mata.
 

source: https://www.youtube.com



Kelopak mata


Bentuk mata sayu memiliki letak garis kelopak mata yang berbeda dari bentuk mata biasa, sehingga kamu tak dapat mengaplikasikan crease color begitu saja di lipatan kelopak mata. Coba baurkan crease colour melewati lipatan kelopak mata, ke arah tulang alis. Hasilnya berbeda, bukan?
 

source: http://aliceintheunderland.blogspot.co.id
<baca juga>



Jepit bulu mata


Langkah ini kerap dilupakan, namun menjepit bulu mata dapat membuat matamu nampak lebih awake secara keseluruhan. Jangan ragu untuk membeli eyelash curler yang berkualitas agar bulu mata tak mudah patah atau rontok.
 

source: https://www.beautylish.com



Maskara


Pulaskan maskara biasa atau maskara waterproof agar bulu matamu nampak lebih tegas dan lentik. Tak banyak yang tahu kalau menggunakan maskara dapat menegaskan garis mata, layaknya eyeliner.

 

source: https://www.youtube.com
<baca juga>

 
Eyeliner


Berbeda dengan menggambar eyeliner pada umumnya, pemakaian eyeliner untuk mata sayu perlu perhatian khusus. Apabila eyeliner biasanya diaplikasikan mengikuti kelopak mata atas, maka kamu perlu membuat garis panduan sendiri saat menggambar eyeliner untuk mata sayu. 
 

  • Mulailah menggambar eyeliner dari tengah kelopak mata, dan bukan dari dalam sudut mata. Pastikan eyeliner di bagian sudut mata dalam hingga bagian tengah mata garisnya tipis, dan lebih tebal pada sudut luar. Jangan ikuti garis kelopak mata, melainkan buat ilusi bentuk mata almond.
  • Pulaskan eyeshadow berwarna gelap pada bagian bawah mata ke arah atas, untuk memberi efek lifting pada mata.
  • Pertemukan antara garis di kelopak mata atas dan garis di kelopak mata bawah. Titik ini juga menunjukkan di mana cat eye harus dimulai.
source: https://www.youtube.com