Tahukah kamu kalau cincau itu terbuat dari tanaman hijau yang bernama cincau? Yup! Cincau sendiri sering dijadikan minuman penyegar yang bisa bikin sejuk tenggorokan dan bermanfaat untuk meredakan panas dalam. Nah! Yang jadi permasalahan di sini adalah apakah cincau yang kamu beli adalah cincau asli?
source: https://wikimedia.org

Pada dasarnya semua cincau memakai tanaman cincau sebagai bahan dasar,namun tidak jarang para pedagang menghalalkan segala cara untuk meraup keuntungan yang lebih besar dengan cara mencampurkan zat-zat berbahaya. Kasus yang satu ini memang cukup riskan adanya, namun karena itu yuk simak penjelasan tentang cara membedakan cincau baik dan cincau buruk berikut ini.

 

Ciri-Ciri Cincau Yang Mengandung Zat Berbahaya

  1. Cincau mengandung formalin : Bertekstur keras, kering, kesat dan tidak mudah berair seperti cincau asli
  2. Cincau hitam yang mengadung pewarna tekstil : Warna cincau hitam yang asli tidak terlihat pekat dan bertekstur lembek berair, sedangkan cincau yang menggunakan pewarna tekstil akan terlihat hitam pekat. Tips: Untuk mengetahui adanya kandungan zat pewarna pada cincau, rendam cincau selama 30 menit dan lihat sepekat apa air rendaman cincau tersebut. Jika kepekatannya tidak wajar makan ada kemungkinan cincau tersebut mengandung pewarna tekstil
  3. Cincau mengandung boraks : Tekstur cincau kenyal dan tidak hancur saat di pegang, sedangkan cincau asli tidak akan terasa kenyal jika dipegang dengan tangan dan mudah hancur.
source: https://manfaat.co.id

Sedikit tips buat kamu para pecinta cincau untuk mulailah lebih teliti untuk memilih cincau di pasar-pasar. Nah! Agar kamu terhindar dari cincau palsu, kamu bisa membelinya di market-market besar atau membeli cincau yang di produksi pabrik dan memiliki label merk resmi.

Semoga pembahasan tentang cara membedakan cincau hitam asli dan palsu kali ini bermanfaat yah Beautynesian!