Melupakan Pelembab
Kulit kusam yang kering pastinya bisa disebabkan karena kamu lupa atau malas menggunakan pelembab, ladies. Well, jika kamu tidak menggunakan pelembab, otomatis kulit kamu akan kering bukan? Nah, kondisi kulit yang kering dengan dry spots akan membuat wajah kamu terlihat kusam, lho!
 

source: https://www.newbeauty.com/blog/dailybeauty/9288-are-your-face-creams-really-doing-what-they-say-they-will/



Jarang Mengeksfoliasi Kulit
Well, mencuci wajah setiap kali beraktivitas ternyata tidak cukup untuk memastikan bahwa kulit kamu terbebas dari kering dan kusam, ladies. Yup, you need to exfoliate your skin regularly. FYI, tanpa melakukan eksfoliasi kulit, sel-sel kulit mati kamu akan menumpuk, Beautynesian. Jika sudah menumpuk, tentunya kulit wajah kamu akan terlihat kusam dan tidak segar, ladies.
 

source: http://womenshealthtime.com/category/beauty/
<baca juga>



Kurang Tidur
Kurang tidur juga bisa menjadi penyebab kulit kusam dan kering, lho. Ketika waktu tidur kamu berkurang, sel-sel kulit kamu tidak bisa meregenerasi secara maksimal, ladies. Oleh karena itu, akan muncul beberapa perubahan pada kulit wajah kamu, mulai dari dark circles hingga kulit wajah yang menjadi super kering dan kusam, lho. So, it’s better for you to go to bed early and have enough sleep, ladies!
 

source: http://www.phillymag.com/be-well-philly/2014/07/30/5-science-backed-tricks-get-better-sleep/



Kurang Minum
Tidak bisa dipungkiri, kebiasaan kamu yang kurang mengonsumsi air minum tidak hanya membuat kulit kamu menjadi kering tetapi juga kusam, lho. Yup, dehidrasi bisa menurunkan volume peredaran darah ke kulit kamu, sehingga akan membuat wajahmu terlihat tidak berseri-seri, pucat, dan tidak segar, ladies.

 
 

source: http://www.newhealthadvisor.com/Not-Drinking-Enough-Water.html
<baca juga>




Terkena Asap
Perlu kamu ketahui, faktor lingkungan juga bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan kusam, ladies. Asap seperti polusi udara akibat kendaraan bermotor maupun asap dapur bisa menempel di kulit kamu dan menumpuk menjadi komedo jika tidak dibersihkan secara tepat, lho. Dengan begitu, siap-siap wajahmu berubah menjadi kusam dan kering, ladies!
 

source: https://qz.com/192355/cooking-kills-four-million-people-a-year/



Stress
Yup, faktor psikologis seperti stess bisa turut membuat kulit kamu menjadi kering dan kusam. FYI, stress akan meningkatkan cortisol yang bisa mengganggu proses peredaran darah ke kulit dan proses perbaikan sel-sesl kulit kamu. Kondisi ini tentunya akan membuat kulit wajah kamu terlihat lebih kering, tidak merona, dan kusam, ladies. So, try to relieve your stress and be happy, okay?

source: http://www.askdrmanny.com/women-and-stress/