Bayangkan ketika kamu menatap cermin saat bangun tidur dan menemukan sebuah jerawat muncul di bagian dahi. Rasanya kamu ingin memencetnya agar jerawatmu tidak mengganggu penampilan, bukan? Apalagi jika mengingat kamu harus presentasi atau menghadiri acara penting di hari itu. Pasti kesal sekali rasanya.

Walaupun bisa membuat jerawat “hilang” secara instan, tapi memencet jerawat bukanlah solusi bijak. Bahkan faktanya, kamu malah akan mendapatkan banyak kerugian daripada keuntungan, termasuk berbagai bahaya memencet jerawat, seperti beberapa hal berikut ini:


Bekas Jerawat


Sama seperti luka ataupun lecet di tubuh, jerawat juga bisa meninggalkan bekas. Ketika kamu memencet jerawat, pada dasarnya kamu sedang melukai dan merusak jaringan kulitmu sendiri. Hal inipun tak jarang menimbulkan bekas, bisa berupa noda hitam atau permukaan kulit yang tidak rata (bopeng).
 

source: http://hercanberra.com.au/


Berdarah dan Infeksi


Saat memencet jerawat, kulitmu bisa berdarah karena permukaannya terluka. Luka terbuka yang berdarah ini bisa menjadi tempat untuk bakteri bersarang, dan ketika sel darah putih sedang melawan bakteri yang masuk, kulitmu bisa terinfeksi dengan gejala bengkak hingga kemerahan akibat pembekuan darah. Bukannya malah hilang, jerawatmu malah jadi semakin terlihat!
 

source: https://id.pinterest.com/
baca juga


Kebutaan hingga Kematian


Memencet jerawat bisa menghilangkan nyawa? Ada fakta abru yang perlu kamu ketahui nih, Ladies. Baru-baru ini ditemukan hubungan antara memencet jerawat dengan infeksi saraf pusat di bagian “The Danger Triangle” atau segitiga atas hidung hingga ujung bibir bagian atas. Pembuluh darah di bagian ini ternyata berhubungan langsung dengan otak. Artinya, infeksi apapun yang terjadi di bagian ini memiliki peluang untuk mempengaruhi sistem saraf pusat.

Sangat jarang memang ada kasus infeksi hingga mengenai saraf pusat akibat pemencetan jerawat. Tapi kamu setidaknya perlu tahu, beberapa risiko yang mungkin terjadi meliputi kebutaan, kelumpuhan, hingga kematian.
 

source: http://www.independent.co.uk/


Daripada kamu mengalami berbagai bahaya memencet jerawat diatas, lebih baik kamu obati jerawatmu dan sabar menunggu hingga sembuh ya, Ladies!