Gaun Pengantin Muslimah Adat Betawi

Pernikahan dengan baju tradisional biasanya menyesuaikan dengan darah kelahiran mempelai wanita ataupun pria. Jika kedua pasangan pengantin merupakan kelahiran Jakarta, gaun pengantin muslimah adat Betawi bisa jadi inpirasi gaun adat yang nanti akan dipakai saat pernikahan. Sekadar informasi nih Ladies, gaun pengantin asli Betawi ini merupakan perpaduan antara Arab, Tionghoa dan Minang.

Jika dilihat dari busana pria adat Betawi tampak seperti busana pria Arab, sedangkan untuk gaun busana wanita Betawi di dominasi dengan warna merah dan gold seperti pakaian wanita Tionghoa. Bagi para muslimah biasanya menggunakan jilbab berwarna gold untuk menampilkan kesan mewah pada pernikahan adat betawi.

source: http://www.modelbajuterbaruku.com


 

Gaun Pengantin Muslimah Adat Jawa

Gaun pengan muslimah adat Jawa juga  bisa jadi pilihan kamu nih Ladies. Namun perlu kamu ketahui ya, gaun pengantin muslimah adat Jawa ini memiliki dua aliran ya, yakni adat Solo dan Jogja. Secara garis besar keduanya sama-sama adat Jawa namun perbedaannya terletak pada hiasan di kepala pengantin wanita atau yang biasa disebut dengan paes.

Gaun pengantin Jawa memang sangat digemari oleh pasangan pengantin, sebab tidak hanya bajunya yang memiliki ciri khas tersendiri, gaun pengantin juga memiliki detail baju yang sangat mewah bak seorang putri keraton.

source: https://i0.wp.com/gayapopuler.com


 

baca juga

Gaun Pengantin Muslimah Adat Sunda

Gaun pengantin muslimah adat Sunda atau Jawa Barat, sebetulnya tidak jauh berbeda dengan adat Jawa, namun perbedaannya pada hiasan di kepala. Pakaian adat wanita Sunda biasanya memakai warna gold atau outih dan memakai hiasan mahkota bertaburan permata atau mutiara berwarna putih di atas kepalanya. Nah, bagi yang berhijab bisa menggunakan warna hijab berwarna putih atau menyesuaikan dengan warna gaunnya.
source: https://www.satujam.com


 

Gaun Pengantin Muslimah Adat Minang

Inpirasi berikutnya datang dari tanah Minang, Gaun pengantin muslimah adat minang terlihat mewah dengan peraduan warna emas dan merah. Ada kemiripan antara baju minang dan adat betawi. Namun perbedaannya terletak pada hiasan wanita, jika adat betawi menggunakan hiasan kepala yang tidak begitu tinggi, lain dengan adat minang yang memakai hiasan di kepala lebih tinggi dan konon beratnya mencapai 3 kg atau lebih.

source: https://cdn.tmpo.co


 

baca juga

Gaun Pengantin Muslimah Adat Bugis

Berbahagialah kita yang lahir di indonesia yah Ladies, beragam adat dan budaya mmungkinkan kita untuk memilih adat budaya yang beragam untuk konsep pernikahan. Seperti yang gaun oengantin muslimah adat Bugis ini atau yang terkenal dengan sebutan Baju Bodo. Perpaduan antara warna gold dan hijau membuat pakaian adat ini terlihat mewah. Nah sekarang kira-kira gaun pengantin muslimah adat apa yang akan kamu pakai untuk pernikahanmu?
source: http://4.bp.blogspot.com